Saya yakin tunggal putra bisa bangkit terutama harapan kita pada Tommy (Sugiarto) dan Hayom (Dionysius Hayom Rumbaka). Kita bisa lihat penampilan mereka belakangan ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis Juara Olimpiade Barcelona 1992, Alan Budikusuma, optimistis tunggal putra Indonesia bisa segera bangkit menyusul kesuksesan sektro ganda campuran dan ganda putra.

"Saya yakin tunggal putra bisa bangkit terutama harapan kita pada Tommy (Sugiarto) dan Hayom (Dionysius Hayom Rumbaka). Kita bisa lihat penampilan mereka belakangan ini," jelas Alan, di Jakarta, Rabu.

Menurut suami dari Susi Susanti itu tingkat percaya diri Tommy dan Hayom sudah semakin meningkat. Beberapa waktu lalu, Tommy yang kini menduduki peringkat enam dunia berhasil menjuarai Singapura Terbuka 2013.

Sementara Hayom, lanjut dia, mampu membuat pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei kewalahan. Hayom bahkan tampil gemilang dan secara mengejutkan membuat Chong Wei tidak berdaya pada game pertama meskipun akhirnya harus menyerah  21-14, 18-21, 11-21.

"Permainan Hayom luar biasa saat itu. Dia hanya kalah pengalaman saja sama Chong Wei, sebenarnya dia bisa mengalahkan Chong Wei," tambahnya.

Namun Alan mengingatkan tunggal putra Indonesia harus bekerja lebih keras mengingat persaingan di tunggal putra begitu ketat.

"Sebenarnya mereka mampu. Tetapi mereka harus latihan lebih keras misalnya porsi latihan ditambah karena persaingan di tunggal putra sangat berat," kata Alan.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013