Beijing (ANTARA) - Kementerian Perdagangan China meluncurkan 47 inovasi institusional baru dari zona perdagangan bebas (free trade zone/FTZ) percontohan negara tersebut.

Inovasi-inovasi institusional itu, yang terdiri dari 23 kasus praktik terbaik dan 24 item pengalaman reformasi percontohan, akan berfungsi sebagai referensi di seluruh negara tersebut untuk memperdalam reformasi dan memperluas keterbukaan di bidang-bidang terkait, kata kementerian itu.

Kasus-kasus praktik terbaik itu terutama meliputi bidang fasilitasi perdagangan, transformasi fungsi pemerintahan, faktor keamanan sumber daya dan pengembangan industri berkualitas tinggi.

Menurut kementerian itu, pengalaman reformasi percontohan tersebut terutama berfokus pada bidang-bidang termasuk akses investasi asing, inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), perlindungan lingkungan, transportasi dan keuangan.

Sejauh ini, masih kata kementerian, FTZ percontohan China menunjukkan keberhasilan praktik dalam 349 kasus inovasi pada reformasi institusional yang dipromosikan di tingkat nasional.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024