membiasakan warga untuk tertib membuang sampah
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang bersama dengan komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) menyelenggarakan kegiatan Bebersih Kali dan Sungai sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang Jumat mengatakan kegiatan Bebersih Sungai dan Kali yang dilakukan bersama dengan komunitas menjadi upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui aksi nyata, seperti tidak lagi membuang sampah ke saluran air ataupun sungai.

"Upaya yang bisa dilakukan adalah membiasakan warga untuk tertib membuang sampah, agar meminimalisir potensi terjadinya genangan karena saluran air yang terhambat," kata Pj Wali Kota Nurdin dalam kegiatan yang berlangsung di Sungai Ledug, Kecamatan Periuk, Jumat.

Baca juga: Pemkot Tangerang turunkan 1.682 petugas kebersihan di malam tahun baru
Baca juga: Pemkab Tangerang resmi terima kapal pengangkut sampah dari Coldplay


Pj Wali Kota Nurdin juga menyebutkan jika Pemkot Tangerang terus mendorong masyarakat untuk melakukan reduksi sampah dari sumber dengan peran serta komunitas yang ada di lingkungan RW.

"Untuk RW yang telah melakukan pengelolaan sampah dengan baik akan menjadi role model bagi wilayah lain," ujarnya.

Ia menjelaskan berbagai upaya teknis yang telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang untuk meminimalisir banjir dan genangan di Kota Tangerang tidak akan optimal jika masyarakat tidak peduli akan pentingnya menjaga lingkungan.

"Dimulai dari pilah sampah di tingkat rumah tangga, untuk mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dan tentunya juga atas peran para komunitas," katanya.

Baca juga: DLH Tangerang buka pelatihan pengolahan sampah hingga konservasi air
Baca juga: DLH Tangerang buat tempat pembuangan sampah darurat
Baca juga: DLH Tangerang ajak masyarakat kreasi olah sampah bernilai ekonomi

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024