Jakarta (ANTARA) - Dubai tercatat meraih peringkat pertama di Tripadvisor Travellers' Choice Best of the Best Destinations Awards selama tiga tahun berturut-turut, dan mencetak sejarah sebagai kota pertama yang meraih pencapaian ini.

Penghargaan ini diperoleh berdasarkan ulasan jutaan orang dalam komunitas Tripadvisor, termasuk di antaranya kualitas, kuantitas, dan peringkat untuk hotel, restoran, dan pengalaman di setiap tempat destinasi selama 12 bulan terakhir.

Bagi mereka yang berencana melancong ke kawasan ini di waktu cuti berikutnya berikut empat hal yang perlu disiapkan seperti disiarkan keterangan tertulis Dubai Economics and Tourism (DET), Kamis (19/1):

Baca juga: Pameran wisata Timur Tengah di Dubai batal digelar karena corona

1. Visa

Setelah mengamankan tiket pesawat, biasanya orang-orang bergegas memilih hotel. Namun, jangan lupakan langkah penting, yaitu mendapatkan visa.

Ada berbagai pilihan visa tergantung dengan kebutuhan. Namun, secara umum, visa turis sekali masuk sudah cukup untuk mereka yang ingin berkunjung untuk berlibur.

Sejumlah syarat utama untuk memudahkan proses pengajuan visa yakni memastikan paspor masih berlaku setidaknya enam bulan sebelum kedatangan di Dubai, lalu tiket perjalanan yang menunjukkan perjalanan pergi dan pulang ke tempat tinggal pemegangnya saat ini.

Selain itu, sertakan foto pribadi terbaru (foto visa dengan latar belakang putih berukuran 43mm x 55mm), asuransi kesehatan yang masih berlaku dan unggah salinan paspor.

Saat mengajukan visa UEA, tidak perlu khawatir paspor akan ditahan, karena negara ini menggunakan sistem e-visa sehingga wisatawan dapat bepergian sambil menunggu visanya disetujui.

Untuk sebagian besar perjalanan, orang-orang perlu mendaftar dengan visa sekali masuk yang berlaku selama 30 hari dengan biaya 300 AED atau sekitar Rp1.277.000. Namun, jika berencana singgah dalam waktu yang lebih singkat, pertimbangkan untuk memilih visa transit 96 jam, dengan harga 50 AED atau sekitar Rp213.000.

Jika visa transit yang dipilih, jangan lupa sertakan bukti perjalanan lanjutan, termasuk tiket yang menunjukkan kedatangan dari negara lain dan keberangkatan ke tujuan yang berbeda. Visa ini dapat dipertimbangkan jika waktu singgah lebih dari 8 jam.
 
Ilustrasi - Wisatawan menikmati liburan di Dubai. ANTARA/HO-Dubai Economics and Tourism/am.


2. Akomodasi

Sembari menunggu visa selesai, maka orang-orang bisa menentukan lokasi menginap di Dubai. Dubai memiliki lebih dari 700 hotel yang cocok untuk berbagai tipe pelancong, mulai dari yang mewah hingga pilihan yang lebih terjangkau.

Jika mencari lokasi yang strategis, menginap di kawasan Downtown Dubai bisa jadi pertimbangan. Tempat ini merupakan pusat bagi berbagai atraksi ikonik dan kemegahan arsitektur Dubai, seperti Burj Khalifa, Dubai Mall, dan The Dubai Fountain.

Di Downtown Dubai, ada berbagai hotel mewah – sebagaimana kawasan yang menjadi pusat berbagai landmark. Di sana juga ada juga banyak hotel bintang tiga yang terletak di sekitarnya.

Baca juga: Menjelajahi Dubai, simbol peradaban modern dan kreativitas manusia

3. Penukaran mata uang

Mata uang resmi di Dubai adalah Dirham (AED). Sebagian besar toko dan restoran di Dubai menerima kartu debit dan kredit internasional Visa maupun Mastercard.

Namun, ada beberapa kartu internasional yang mengenakan biaya tetap per transaksi. Pastikan bertanya kepada bank terlebih dahulu, untuk memastikan biaya yang dikenakan.

Wisatawan disarankan untuk membawa uang tunai dalam jumlah kecil, karena biasanya digunakan untuk pembelian di pasar tradisional (souk).
 
Ilustrasi - Pemandang kota di Dubai. ANTARA/HO-Dubai Economics and Tourism/am.


4. Hal-hal yang diperhatikan dan dibawa

Dubai disinari matahari sepanjang tahun, tapi disarankan mempersiapkan diri untuk bulan-bulan tertentu. Di musim panas (Juni-Agustus), pilihlah pakaian yang berbahan ringan dan mudah menyerap keringat. Pada bulan-bulan yang lebih dingin (Oktober-Mei), sebaiknya bawalah pakaian berlapis tipis untuk malam hari yang cukup dingin.

Meskipun Dubai dikenal sebagai kota kosmopolitan, namun wisatawan harus tetap menghormati adat istiadat setempat dengan berpakaian sopan di ruang publik. Pilihlah pakaian longgar yang menutupi bahu dan dada.

Selain itu, pastikan ponsel siap untuk petualangan di Dubai dengan baterai yang terisi penuh. Jangan lupa juga membawa pengisi daya portabel.

Pelancong dapat mengunduh aplikasi penting seperti peta dan alat penerjemah luring. Perhatikan juga piranti elektronik karena Dubai menggunakan listrik 220v 50Hz dengan colokan tipe G.

Kemudian, pada saat kedatangan, pemegang visa turis akan mendapatkan kartu SIM prabayar gratis dari DU di bagian imigrasi. Mereka juga dapat memilih berbagai paket roaming dan data yang terjangkau dari Etisalat dan Virgin Mobile.

Jika lebih memilih untuk menggunakan Wi-Fi, Dubai memiliki berbagai titik Wi-Fi publik yang gratis dan aman tersedia di destinasi populer.

Baca juga: Dubai ingin ubah citra destinasi pariwisata mahal

Baca juga: Tiga destinasi wisata sejarah yang bisa dikunjungi di Dubai

Baca juga: Mau liburan ke Dubai? Coba bermalam di gurun

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024