Jakarta (ANTARA) - Analis teknologi Jeff Pu menyebutkan modem seluler 5G terbaru dari Qualcomm berpotensi tersedia terbatas pada ponsel pintar keluaran Apple untuk tahun ini yaitu seri iPhone 16.

Adapun modem seluler yang dimaksud ialah Snapdragon X75 dan hanya akan tersedia di model Pro.

Dalam laporan Macrumors, Minggu (14/1), kabar tersebut disampaikan Jeff Pu dalam sebuah laporan dengan Perusahaan Investasi Haitong International.

Lebih lanjut Jeff menyakini bahwa model iPhone 16 Pro akan dilengkapi dengan modem Qualcomm Snapdragon X75.

Baca juga: iPhone 2023 tidak lagi pakai modem Qualcomm

Namun untuk versi iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, besar kemungkinan tetap mempertahankan modem Snapdragon X70, modem yang sama dan ditemukan di semua model iPhone 15.

Diferensiasi modem antara model standar dan Pro akan menjadi perubahan strategi bagi Apple.

Diumumkan pada Februari 2023, Snapdragon X75 menghadirkan peningkatan agregasi operator dan kemajuan teknologi lainnya untuk kecepatan unduh dan unggah 5G yang lebih cepat dibandingkan dengan X70.

Gabungan mmWave dan transceiver 5G sub-6GHz pada modem ini menggunakan ruang papan sirkuit 25 persen lebih sedikit, dan menggunakan daya hingga 20 persen lebih sedikit dibandingkan pendahulunya.

Snapdragon X75 juga mendukung standar terbaru “5G Advanced”, yang digambarkan sebagai fase berikutnya dari 5G dan menjadi bagian evolusi menuju 6G.

Baca juga: Apple siapkan modem besutannya untuk dipakai di iPhone 2023

5G Advanced akan mencakup peningkatan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk meningkatkan kinerja 5G, dan juga akan memperluas 5G ke jenis perangkat dan kasus penggunaan tambahan.

Apple kemungkinan akan mengiklankan dukungan 5G Advanced pada model iPhone 16 Pro, seperti yang terjadi pada fitur LTE Advanced pada iPhone 6s saat meluncur di 2015.

Apple dikabarkan telah mengerjakan modem 5G miliknya sendiri untuk iPhone sejak 2018, namun proyek itu dilaporkan menghadapi tantangan pengembangan, dan modem tersebut diperkirakan tidak akan diumumkan hingga 2025 atau setelahnya jika hal itu terwujud.

Sementara itu, Apple memperpanjang perjanjian modem 5G dengan Qualcomm hingga 2026. Diperkirakan jajaran iPhone 16 bakal meluncur pada September 2024.

Baca juga: MediaTek incar posisi pemasok modem 5G untuk iPhone

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024