beroperasi dengan dua pesawat dari posko Bandar Udara Pondok Cabe
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan Tim Modifikasi Cuaca (TMC) menyelesaikan operasi menyemai garam di angkasa, guna mencegah hujan turun di tiga wilayah daratan Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, pada 10 Januari 2024.

"TMC tanggal 3 sampai 10 Januari beroperasi dengan dua pesawat dari posko Bandar Udara Pondok Cabe. Diupayakan untuk mengurangi curah hujan di wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat," kata Perekayasa Ahli Utama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tri Handoko Seto saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Seto memperkirakan area operasi tersebut efektif untuk menjangkau antara satu sampai dua wilayah daratan provinsi yang menjadi sasaran. Namun total luasnya belum dihitung secara terperinci.

Mantan Kepala Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BB-TMC BPPT) itu menjelaskan, operasi menyemai garam dilakukan pada angkasa sekitar wilayah perairan laut yang luas.

Agar awan, yang terbentuk dari kondensasi air laut dan bergerak menuju daratan, bisa segera menjadi hujan sebelum memasuki daratan.

Belum dijelaskan secara terperinci mengenai biaya untuk satu kali sortie atau penerbangan yang dilakukan oleh pesawat udara untuk misi tersebut.
Baca juga: Sudin Gulkarmat Jaksel siapkan 24 perahu karet untuk penanganan banjir
Baca juga: BNPB modifikasi cuaca untuk antisipasi bencana hidrometeorologi
Baca juga: Tiga RT di DKI Jakarta tergenang akibat hujan deras

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024