Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto, mengatakan anak muda yang hidup pada zaman ini mempunyai potensi besar untuk membantu pemerintah meningkatkan keamanan siber.

"Itu suatu hal yang sangat penting, karena kalau kita lihat perang Rusia-Ukraina, aspek siber itu sangat penting; dan itu tidak hanya preemptive attack, tetapi juga menunjukkan kemampuan daya unggul anak-anak muda kita," kata Hasto usai nonton bersama Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 bersama relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta, Minggu.

Menanggapi pernyataan Ganjar soal duta besar siber, Hasto mengatakan capres nomor urut 3 itu melihat potensi anak muda bangsa Indonesia yang besar untuk mengembangkan sistem keamanan siber.

Baca juga: Yenny Wahid sebut Ganjar fokus ciptakan keamanan untuk perempuan

Potensi tersebut membuat Ganjar ingin memberikan suatu ruang yang begitu besar bagi pengembangan dan membuat angkatan khusus dalam bidang siber, dengan tujuan melindungi seluruh warga Indonesia.

Menurut dia, berbagai aktivitas masyarakat sehari-hari, seperti pertanian, memerlukan sentuhan kecerdasan buatan (AI) dalam rangka mempromosikan kebudayaan di era globalisasi.

"Kita juga memerlukan dunia digital yang secara kreatif menampilkan keanekaragaman kebudayaan kita. Pendeknya, Pak Ganjar sangat memahami arah perkembangan masa depan Indonesia dan dunia," kata sekjen PDI Perjuangan itu.

Baca juga: Ketua TPN: Ganjar berdebat dengan data, bukan asumsi

Dalam debat ketiga, Ganjar Pranowo menyodorkan lima kebijakan untuk mewujudkan pertahanan negara yang tangguh.

Kelima kebijakan tersebut diyakini dapat menjawab pertanyaan mengenai pertahanan, yang dinilai dapat tercapai dengan memanfaatkan teknologi siber, AI, dan satelit untuk teknologi geospasial.

Beberapa kebijakan yang dia tawarkan adalah memperkuat Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), perlunya duta besar siber, hingga melibatkan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Dan tentu saja, LPDP itu punya potensi yang sangat tinggi untuk memberangkatkan orang-orang, anak-anak hebat, ke sana. Namun demikian, ketika mereka sudah balik, mereka mesti diberikan ruang untuk bisa bekerja. BRIN bisa kita libatkan. Mereka bisa membuat kolaborasi yang sangat bagus," kata Ganjar.

Baca juga: Jokowi tak tanggapi penilaian Anies dan Ganjar soal kinerja Kemhan

Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (7/), setelah Debat Pertama Capres Pemilu 2024 pada 12 Desember 2023 dan Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 pada 22 Desember 2023.

Debat ketiga membahas soal pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pengamat: Anies dan Ganjar kompak serang Prabowo di debat ketiga

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024