Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengimbau agar pada Lebaran tahun depan masyarakat tidak lagi mudik menggunakan sepeda motor karena rawan kecelakaan.

"Penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sangat rawan dan berpotensi kecelakaan," kata Bambang Susantono, Selasa.

Menurut Wamenhub, hal tersebut juga diakibatkan karakteristik penggunaan sepeda motor yang relatif kurang stabil.

Namun demikian, ujar dia, pihaknya juga menyadari bahwa masih ada masyarakat yang memerlukan kendaraan tersebut untuk mendukung mobilitasnya di kampung halaman dalam bersilaturahim.

Untuk itu, ia mengemukakan bahwa Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah memberikan alternatif melalui pengangkutan sepeda motor dan para pengemudinya menggunakan angkutan laut sehingga perjalanan para pemudik lebih terjamin.

Selain itu, penyelenggaraan angkutan laut balik gratis itu juga dinilai merupakan respon pemerintah terhadap permintaan para pemudik yang terus meningkat dalam tiga tahun terakhir.

Wamenhub juga berpesan agar para pemudik ini terus berhati-hati baik dalam pelayaran di atas kapal maupun saat melanjutkan perjalanannya menggunakan sepeda motornya.

"Utamakan keselamatan dan berkendaralah dengan cara yang baik atau safety riding," ujar Wamenhub.

Sebelumnya,Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan program mudik gratis menggunakan sepeda motor terkesan kurang diminati, sehingga fasilitas yang disediakan di kereta api tak termanfaatkan.

"Program mudik gratis untuk pemudik sepeda motor belum signifikan, padahal kapasitas kereta api disediakan untuk 6.000 motor dengan 120 gerbong," kata E.E. Mangindaan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (12/8).

Berdasarkan data Kemenhub, jumlah sepeda motor yang diangkut kereta api pada arus mudik lintas utara atau rute Jakarta Gudang - Semarang Poncol pada tanggal 3 - 6 Agustus 2013 adalah sebanyak 69 unit motor.

Sedangkan jumlah sepeda motor yang diangkut kereta api untuk arus lintas selatan atau rute Jakarta Gudang - Solo Jebres sebanyak 127 unit sepeda motor.

Mangindaan mengutarakan harapannya agar ke depan minat pemudik bisa lebih banyak, supaya penumpang dan motor dapat diangkut secara cuma-cuma.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013