Lebak, Banten (ANTARA News) - Arus balik di Stasiun Kereta Api Rangkasbitung, Banten, mulai dipadati pemudik dengan tujuan Jakarta, Tangerang dan Bekasi, pada H+2 Lebaran, Minggu pagi.

Berdasarkan pantauan, situasi Stasiun KA Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, dipadati pemudik. Mereoa saling berdesak-desakan saat naik ke gerbong kereta. Penumpang mengantre di loket penjualan tiket.

Sebagian besar mereka akan berangkat ke Parungpanjang, Serpong, Kebayoran, Palmerah, Tanahabang-Angke. Senen dan Gambir.

Banyak diantara mereka adalah pekerja di sektor informal seperti buruh pabrik, penata rumah tangga dan buruh bongkar muat di Pelabuhan Tanjungpriuk.

Saat ini, seluruh keberangkatan rangkaian KA dipadati pemudik karena Senin (12/8) sejumlah perusahaan swasta, termasuk pegawai negeri sipil (PNS) sudah masuk kerja.

"Kendati pun terjadi kepadatan penumpang arus balik, tetapi perjalanan KA relatif normal dan berangkat sesuai dengan jadwal," kata Kepala Stasiun KA Rangkasbitung Didin Wahyudin.

Ia mengatakan, memperkirakan puncak arus balik yang menggunakan jasa angkutan kereta dipastikan hari ini karena pemudik memadati sejak pagi hari.

Penumpang kereta berasal dari wilayah Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kabupaten Serang, yang akan kembali ke daerah tujuannya setelah merayakan lebaran di kampung halaman.

"Kami memprediksikan jumlah penumpang arus balik pada H+2 sekitar 15.000 orang dan mengalami kenaikan dari hari sebelumnya 8.000 orang," katanya.

Menurut dia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkomitmen untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna angkutan kereta. PT KAI menyediakan fasilitas bagi rangkaian gerbong kereta ekonomi dengan alat pendingin (AC).

Selain itu juga memberikan jaminan keselamatan dengan melaksanakan patroli rutin untuk pengawasan dan pemeriksaan rel kereta. Patroli tersebut melibatkan petugas Brimob Polda Banten dan PT KAI guna mengantisipasi tindakan terorisme.

"Kami tidak memberangkatkan rangkaian gerbong kereta api tanpa ada rekomendasi dari pengawasan rel itu," katanya.

Ia menjelaskan, PT KAI terus meningkatkan pelayanan dengan memberangkatkan sebanyak 34 rangkaian KA jurusan Rangkasbitung-Jakarta, Rangkasbitung-Merak dan Rangkasbitung-Madiun.

Pihaknya juga menambah cadangan rangkaian KA Rangkasjaya yang diberangkatkan pukul 13.00 WIB.

Pemberangkatan KA dari stasiun Rangkasbitung mulai pukul 04.15 wib sampai pukul 17.30 WIB.

"Kami berharap pelayanan arus balik Lebaran ini menjadikan lebih baik dari sebelumnya," ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, sejumlah penumpang mengaku bahwa mereka merasa lega setelah tiba kereta di Stasiun Rangkasbitung bisa langsung naik ke atas gerbong meski saling berdesak-desakan.

"Kami terpaksa hari ini harus kembali ke Jakarta karena hari Senin besok sudah kembali kerja," kata Tata, seorang penumpang warga Cimarga Kabupaten Lebak.

Pewarta: Mansyur
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013