... dalam sehari Ali bisa mengantongi pendapatan hingga Rp1,5 juta jika berjualan dari pagi hingga malam... "
Jakarta (ANTARA News) - Libur hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah atau Lebaran 2013 menjadi momentum bagi para pedagang di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. 

Hal itu diungkapkan pedagang kaos, Muhamad Ali (20). Meski lebih sepi ketimbang hari kedua Lebaran, Sabtu ini masih cukup ramai. 

"Pengunjung ramai sih kalau pas libur gini, kalau pas hari biasa mah sepi," kata Ali yang ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu. 

Di musim libur seperti sekarang ini, dalam sehari Ali bisa mengantongi pendapatan hingga Rp1,5 juta jika berjualan dari pagi hingga malam. 

"Kalau hari biasa ya paling dapat Rp500.000-an, itu juga kecuali libur Sabtu-Minggu," ujarnya. Hal serupa diungkapkan pedagang kaos Muhammad Zainal (23). 

Ia mengaku bisa mendapat penghasilan hingga Rp3,5 juta dari jualan kaos-kaos bertema Kota Jakarta. "Kalau hari biasa mentok di Rp750.000, dan biasanya yang paling laku kaos anak," katanya. 

Tak hanya Ali dan Zainal, penjual es krim, Rusli (21) juga mengakui peningkatan pengunjung berimbas pada peningkatan penjualan. 

"Lumayan ramai pengunjungnya, jadi ya ada saja yang beli. Alhamdulillah sebelum Maghrib (petang) juga sudah bisa pulang," katanya yang berjualan sejak pukul 09.00 pagi. 

Dalam pantauan Antara, sejumlah pedagang seperti kaos, asesoris dan makanan serta minuman ramai oleh pembeli. 

Para pedagang berharap, penertiban pedagang kaki lima tidak memutus jalan mereka mencari rezeki. 

Pewarta: Ade I Junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013