Jakarta (ANTARA) - Produsen cat premium dan pelapis kayu PT Mowilex Indonesia meraih sertifikasi CarbonNeutral secara berturut-turut untuk kelima kalinya dari Climate Impact Partners.

"Kami berkomitmen terhadap keberlanjutan dan kualitas, dan kami sangat bangga mendapatkan sertifikasi perusahaan CarbonNeutral kelima kalinya secara berturut-turut dari Climate Impact Partners," kata CEO PT Mowilex Indonesia Niko Safavi.

Sejak menjadi produsen pertama di Indonesia yang bersertifikasi karbon netral pada tahun 2019, Mowilex terus memperluas komitmennya untuk mendukung target Indonesia dalam menggunakan energi terbarukan untuk setidaknya 34 persen dari seluruh pembangkit listrik pada tahun 2030 dan tujuan negara untuk mencapai nol karbon pada tahun 2060.

Mowilex bekerja sama dengan SCS Global Services untuk menghitung emisi Cakupan 1, 2, dan 3 sesuai dengan Protokol CarbonNeutral untuk mencapai sertifikasi tersebut. Selain mengurangi emisi melalui investasi teknologi dan energi terbarukan, Mowilex mendukung proyek penggantian kerugian yang mengikuti standar terverifikasi dan memajukan beberapa United Nations Sustainable Development Goals (UNDP).

Baca juga: Mowilex dukung Indonesia capai status karbon netral tahun 2060

"Dengan berinvestasi dalam upaya pengurangan karbon, mendukung program penggantian kerugian yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan kami, dan berbagi informasi dengan para pemangku kepentingan dan rekan-rekan di industri ini, Mowilex memberikan contoh bagaimana perusahaan lain dapat bertanggung jawab terhadap lingkungan," kata Niko.

Pada Maret 2023, Mowilex meresmikan pabrik produksi canggih yang dirancang untuk mengurangi emisi karbon hingga 7 persen. Pengukur daya otomatis dan teknologi sistem pendingin di pabrik ramah lingkungan ini mengurangi penggunaan listrik hingga 15 persen, sementara skylight dan kaca ganda semakin meminimalkan listrik yang digunakan untuk penerangan dan pendingin ruangan.

Mowilex menggunakan forklift listrik, yang tidak menghasilkan emisi seperti versi sebelumnya yang menggunakan bahan bakar solar. Sistem air tanpa limbah di pabrik memproses dan membersihkan air limbah domestik, yang kemudian digunakan kembali untuk mengairi lahan hijau yang mencakup 37 persen dari lahan pabrik.

Selain itu, Mowilex mendirikan sumber energi terbarukan dari panel surya di kantor pusat yang diharapkan dapat mengurangi emisi karbon di fasilitas tersebut hingga 30 persen.

Pada November, Mowilex juga telah menyelesaikan janjinya untuk menanam 50.000 pohon bakau di seluruh Indonesia.

Meskipun penanaman pohon tidak diperhitungkan dalam sertifikasi karbon bersih perusahaan, proyek penanaman pohon itu mendorong Mowilex untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Selain menyimpan karbon, pohon bakau akan melindungi pantai, mengurangi risiko banjir, dan menciptakan habitat satwa liar.

Mowilex mengimbangi emisi yang tidak dapat dihindari dengan mendukung proyek-proyek energi terbarukan, keanekaragaman hayati, dan pengembangan masyarakat yang bertanggung jawab. Sebagai contoh, perusahaan memajukan transisi energi bersih di Indonesia dengan membeli kredit energi terbarukan dari Proyek Panas Bumi PLN Lahendong.

Baca juga: Produsen cat tuntaskan komitmen penanaman mangrove 50 ribu pohon

Mowilex mendukung Program Pengembangan Tenaga Surya Nasional, yang mempercepat proyek-proyek tenaga surya yang terhubung ke jaringan listrik di India, yang mempercepat proyek-proyek tenaga surya yang terhubung ke jaringan listrik di India.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan juga mendanai turbin untuk Proyek Angin Burgos di Filipina, membantu menyelamatkan 65.000 hektar habitat orangutan Kalimantan di Cagar Alam Rimba Raya, dan mendukung instalasi pembangkit listrik tenaga biogas skala kecil di lebih dari 50 provinsi di Vietnam.

Mowilex merayakan tahun kelimanya sebagai perusahaan bersertifikasi CarbonNeutral® dengan menyelenggarakan Mowilex Carbon Neutral Talk Show 2023 bulan ini. Para peserta yang hadir terdiri atas para ahli keberlanjutan, aktivis lingkungan dan akademisi.

Vice President Client Solutions Climate Impact Partners Carolyn Bacchus mengatakan mereka merasa senang dengan pencapaian Mowilex selama lima tahun untuk netralitas karbon.

"Melalui kemitraan yang telah terjalin lama, Mowilex menjadi produsen pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi CarbonNeutral®. Mowilex terus memberikan dampak yang signifikan terhadap iklim dan pembangunan berkelanjutan melalui proyek-proyek pengurangan emisi," kata Bacchus.

Mowilex baru-baru ini meluncurkan laporan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) yang bersifat sukarela untuk berbagi strategi dan dampaknya. Laporan ESG Mowilex 2022 dan Laporan Intelijen ESG 2022, yang dibuat bersama Oxford Business Group, tersedia di Mowilex.com. (https://mowilex.com/laporan-obg/)

Pelajari lebih lanjut tentang program ESG Mowilex dan produk Mowilex di Mowilex.com.

Baca juga: Mowilex latih pasukan oranye untuk berkreasi di RPTRA Jakarta

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023