Jakarta (ANTARA News) - Ketua Pelaksana Mudik Gratis PAN, Laurent Bahang Dama mengatakan kegiatan mudik bareng yang diselenggarakan PAN, bukan program pencitraan, melainkan aksi nyata sebagai bentuk kepedulian PAN kepada rakyat.

"Ini program mudik barsama, yang diselenggarakan PAN, kan bukan hanya dilakukan saat ini saja, tetapi sudah dilaksanakan setiap tahun. Ini tidak semata untuk popularitas, tetapi bentuk kegiatan nyata dalam rangka membantu masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan transportasi secara gratis, untuk tradisi mudik masyarakat dalam setiap lebaran Idul Fitri," kata Laurent Bahang Dama di sela-sela pemberangkatan Mudik bersama PAN di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Sabtu.

Ketua Komisi V DPR RI itu menjelaskan, sejumlah 13 ribu pemudik ini berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Kalau tahun 2011, jumlah pemudik lebih 5.000 dan tahun 2012 lalu sebanyak 10.250 pemudik. Dan pada tahun ini direncanakan lebih dari 13 ribu pemudik," katanya.

Adapun tujuan terbanyak dari pemudik adalah Jawa Tengah, sebanyak 8.296 pemudik, Jawa Timur 3.245 pemudik, DIY sebanyak 895 pemudik, Jawa Barat 335 pemudik.

"Lampung 124 pemudik dan Sumatera Selatan tujuan Lahat dan Palembang 295 pemudik. Total bus yang dikerahkan sebanyak 255 armada, dan semuanya bus eksekutif, " paparnya.

Pelepasan Mudik Gratis PAN dihadiri Ketua Majelis Pertimbangan Partai, Amien Rais, Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, Ketua Fraksi PAN, Tjatur Sapto Edy dan beberapa anggota DPR RI serta fungsionaris PAN.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013