Batang (ANTARA News) - Sejumlah pemudik berkendaraan mulai terlihat melintas di jalur pantai utara Alas Roban Kabupaten Batang dan Ponolawen Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis.

Iring-iringan sepeda motor dan mobil berpelat nomor polisi B, D, E, AD, F, dan BM tampak memadati jalur pantura sehingga mengakibatkan ketersendatan arus lalu lintas di beberapa titik rawan kemacetan.

Sementara itu, beberapa titik rawan kemacetan tersebut terjadi di jalur pantura tanjakan Poncowati Subah, dan perempatan jalan Grogolan hingga Jalan Jenderal Sudirman Ponolawen Kota Pekalongan.

Untuk mengatasi kerawanan kemacetan arus lalu lintas, Polres Kota Pekalongan juga telah memasang barikade di sepanjang jalur pantura Ponolawen hingga perempatan jalan Grogolan.

Kepadatan arus mudik Lebaran 2013 diperkirakan akan terus meningkat mulai Jumat (2/8) hingga H-1.

Kepala Polres Batang, AKBP Widi Atmoko mengatakan bahwa kepadatan arus mudik Lebaran diperkirakan akan mulai terjadi Jumat besok sehingga pemudik diharapkan waspada dan hati-hati saat melajukan kendaraannya.

Kondisi jalan pantura Batang, kata dia, secara umum sudah baik dan hanya masih ada beberapa titik saja yang berlubang.

"Akan tetapi, yang terpenting lagi, kami mengimbau pada pemudik waspada dan hati-hati saat melintas di jalur rawan kecelakaan, seperti tanjakan Poncowati dan jalan lingkar selatan Alas Roban karena kondisinya berupa tikungan dan tanjakan," katanya.

(KR-KTD/D007)

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013