Pokoknya jangan memaksakan diri mengemudikan sepeda motor maupun mobil pada saat kondisi tidak mendukung atau kelelahan."
Bandung (ANTARA News) - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suhardi Alius menyatakan warga dan pemudik bersepeda motor bisa menitipkan kendaraannya di Kantor Polsek bila hendak melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum.

"Bila pemudik kelelahan atau tidak sanggup lagi menggunakan kendaraan sepeda motor bisa menitipkan kendaraanya di Polsek terdekat. Kami imbau pemudik menggunakan angkutan umum untuk mudik," kata Kapolda Jabar pada Apel Kesiagaan Operasi Ketupat Lodaya 2013 di Mapolda Jabar, Kamis.

Menurut Kapolda mudik Lebaran lebih aman menggunakan kendaraan umum seperti bus dan Kereta Api karena lebih nyaman.

Namun bagi yang sudah berangkat dengan sepeda motor dan tidak kuat melanjutkan, bisa menitipkan di Kantor Polsek di perjalanan untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum.

"Polsek kan memiliki lahan, bila lahan bisa menampung sepeda motor maka penitipan bisa dilakukan, penjagaan di sana kan terjamin dan kami instruksikan ke setiap Polsek untuk membantu pemudik itu," kata Kapolda.

Menurut Suhardi Alius ujung tombak Operasi Ketupat Lodaya 2013 terletak di satuan kewilayahan. Ia berharap setiap komandan satuan kewilayahan bisa mengoptimalkan operasi di lapangan, termasuk melakukan inovasi dan terobosan untuk mendukung jalannya tugas pengamanan.

Ia menyebutkan jumlah pemudik bersepeda motor diprediksi mengalami peningkatan pada arus Mudik Lebaran 2013. Meski diimbau mudik dengan angkutan umum, namun bagi sebagian pemudik lebih memilih menggunakan sepeda motor.

"Pokoknya jangan memaksakan diri mengemudikan sepeda motor maupun mobil pada saat kondisi tidak mendukung atau kelelahan, khusus untuk sepeda motor kami berikan jalan keluarnya dengan menitipkan di kantor Polsek," katanya.

Bagi pemudik bersepeda motor, Kapolda menyatakan akan melakukan pengawalan dan dilakukan secara berkelompok. Hal itu untuk meminimalisasi resiko kecelakaan. Dengan berkelompok maka perjalanan sepeda motor lebih aman dan terjamin serta mendapatkan pengawalan dari petugas Polantas.
Kapolda Jabar memprediksi puncak arus mudik di jalur utara maupun selatan Jawa Barat akan terjadi pada Minggu dan Senin mendatang. Pasalnya ada libur nasional pada Senin dan Selasa.

Pada pengamanan Lebaran 2013. Polda Jabar mengerahkan sekitar 42 ribu personil gabungan dari Polda, TNI, Dishub dan satuan lintas sektoral serta potensi masyarakat lainnya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013