Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyediakan 624 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di 411 titik strategis selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

PLN pun siap memberikan kemudahan dan rasa aman kepada pengguna kendaraan listrik yang akan menghabiskan masa libur Natal dan tahun baru.

"Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Tersedia ratusan SPKLU dan petugas siaga yang siap memberikan layanan terbaik," ujar Darmawan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Darmawan menyebut PLN telah menyiapkan 64 unit stasiun pengisian energi untuk electric vehicle (EV) charger pada 38 titik SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans-Sumatera dan Trans-Jawa.

Selain itu, 26 unit EV charger di 21 lokasi SPKLU untuk Banten, 113 EV charger di 43 lokasi SPKLU di wilayah Jakarta, 50 EV charger di 34 lokasi SPKLU di Jawa Tengah dan Yogyakarta, 62 unit EV charger di 34 lokasi SPKLU Jawa Timur serta 63 EV charger di 29 lokasi SPKLU di Bali.

Berikutnya, penguatan layanan pendukung juga disiapkan di wilayah seperti Sumatera dengan 62 unit EV charger di 51 lokasi SPKLU, Kalimantan dengan 37 unit EV charger di lokasi SPKLU serta Sulawesi dengan 27 unit EV charger di 18 lokasi SPKLU.

Sementara, untuk wilayah Nusa Tenggara, disediakan sebanyak 25 EV charger yang tersebar di 16 lokasi SPKLU dan 9 unit EV charger di 8 lokasi SPKLU di wilayah Maluku dan Papua.

"PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem EV. Selain dukungan infrastruktur charging station, berbagai fitur di PLN Mobile juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV," kata Darmawan.

Baca juga: PLN: Penyediaan SPKLU dorong pembangunan ekosistem kendaraan listrik
Baca juga: PLN siap penuhi kebutuhan SPKLU di IKN wujudkan kota ramah lingkungan
Baca juga: PLN: Lima SPKLU siap layani pengguna kendaraan listrik di Sumbar

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023