...difokuskan kepada dua kelompok industri seperti hilirisasi industri berbasis agro, dan hilirisasi industri berbasis migas dan bahan tambang mineral..."
Jakarta (ANTARA News) - Dalam upayanya untuk mempercepat pembangunan industri nasional, Kementerian Perindustrian memprioritaskan program hilirisasi industri berbasis sumber daya alam (SDA).

"Prioritas tersebut akan difokuskan kepada dua kelompok industri seperti hilirisasi industri berbasis agro, dan hilirisasi industri berbasis migas dan bahan tambang mineral," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat saat memberikan pengarahan dalam pelantikan pejabat eselon I, di Kementerian Perindustrian, Jumat.

Hidayat mengatakan, peningkatan daya saing untuk kedua kelompok industri tersebut merupakan lingkup kerja Direktorat Jenderal Basis Industri Manufaktur dan Direktorat Jenderal Industri Agro.

"Saya meminta pejabat eselon I yang baru saja dilantik, sebagai unsur pimpinan di lingkungan Kementerian Perindustrian untuk membangun kerja sama dan bersinergi dengan kementerian atau lembaga lain guna meningkatkan daya saing industri nasional," kata Hidayat.

Pelantikan pejabat eselon I tersebut adalah Panggah Susanto yang menjabat Direktur Jenderal Industri Agro, dari yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur (BIM).

Sementara Benny Wachjudi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Industri Agro dilantik menjadi Dirjen BIM.

Hidayat menjelaskan, selain itu, disamping pelaksanaan tugas yang menyangkut pembinaan dan pengembangan industri, pemantapan tata kelola pemerintahan yang lebih baik perlu dilakukan guna mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi.

"Yang harus dilakukan adalah terus melakukan pembinaan yang berkelanjutan terhadap kinerja aparatur, tata kelola keuangan, akuntabilitas, sistem pengawasan, serta pemberian remunerasi yang seuai," kata Hidayat.

Dalam pelantikan tersebut, Hidayat juga melantik Dyah Winarni Poedjiwati yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama Industri Internasional menjadi Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Sumber Daya Industri dan Teknologi menggantikan Sakri Widianto yang memasuki masa pensiun.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013