Pos PAM ini telah berdiri di Alun-Alun Batang, Jatisari-Subah, dan Luwes-Alas Roban
Batang (ANTARA News) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah mengimbau para pemudik mewaspadai kondisi jalur pantai utara di tanjakan jalan Poncowati-Subah karena selain kerap macet juga rawan kecelakaan lalu lintas.

Kepala Polres Batang, AKBP Widi Atmoko di Batang, Jumat, mengatakan dari hasil survai, kondisi jalan pantura Batang sudah cukup bagus dan hanya beberapa ruas jalan saja yang masih berlobang.

"Akan tetapi, meski kondisi jalan sudah cukup bagus, kami mengimbau pemudik waspada saat melintas di jalur tanjakan Poncowati karena selain rawan macet juga kecelakaan lalu lintas," katanya.

Ia mengatakan bahwa pada kesiapan pengamanan Lebaran 2013, polres telah menyiapkan sebanyak 339 personel atau 2/3 kekuatan untuk menjaga dan memantau di sepanjang jalur pantura, serta pada sejumlah titik rawan tindak kejahatan.

Selain itu, kata dia, polres juga telah menyiapkan sebanyak 22 pos pelayanan (Posyan) dan tiga pos pengamanan (Pos PAM) di sepanjang jalur pantura.

"Pos PAM ini telah berdiri di Alun-Alun Batang, Jatisari-Subah, dan Luwes-Alas Roban. Nantinya, dalam pengamanan Lebaran itu, kami akan dibantu oleh beberapa unsur terkait, seperti dishub, PMI, orari, dan Pramuka," katanya.

Menurut dia, sebenarnya kondisi di sepanjang jalur pantura Batang sudah cukup aman dan lancar dilalui oleh pemudik kendaraan jika para pengguna jalan tetap menjaga disiplin dan tertib lalu lintas.

"Kami minta pengguna jalan harus antre dan tertib saat arus lalu lintas kendaraan padat. Kami berharap pengguna jalan bersabar dan jangan saling menyalip atau menyerobot," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013