Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Melanie Leimena Suharly menyatakan Nadhlatul Ulama dan Muhammadiyah perlu bersepakat untuk membubarkan Front Pembela Islam (FPI).

"Kita harus berkumpul bersama-sama dengan unsur NU, Muhammadiyah membahas FPI. Nanti celah mana yang bisa digunakan dari UU Ormas terhadap FPI. Jangan ada pelanggaran HAM terkait FPI ini," kata Melanie, Rabu.

Dia menilai masyarakat juga menentang FPI.  "Saya pribadi, apa yang dilakukan FPI sudah bertentangan dengan moral dan sosial," kata dia.

Dia mengatakan sebelum membubarkan FPI harus ada dialog terlebih dahulu bubar membubarkan mesti dipayungi aturan tersendiri.

Dia mengusulkan kepada Ketua MPR Sidarto Danusubroto agar segera berkomunikasi dengan NU dan Muhammadiyah membahas FPI. "Saya akan usulkan ke pimpinan MPR untuk segera berkomunikasi dan membahas soal FPI terkait pembubaran FPI," katanya.

Ia mengingatkan FPI untuk tidak lagi melakukan aksi kekerasan mengatasnamakan Islam. "Mereka cuma mengatakan menegakkan syariat islam. Tapi ini kan negara Pancasila, mengutamakan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan NKRI. Nah FPI juga harus melihat unsur itu," ucap Melanie.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013