London (ANTARA News) - Merek mewah Jaguar akan meluncurkan model-model "harga terjangkau" mulai tahun 2015.

Merek asal Inggris itu ingin meniru keberhasilan "saudaranya" Land Rover yang meraup kesuksesan  setelah meluncurkan kendaraan mewah versi lebih murah.

Seperti dilaporkan Reuters, dua sumber yang dekat dengan perusahaan itu pada Senin menyebutkan bahwa Jaguar "harga terjangkau" itu antara lain adalah sedan kompak dan crossover SUV.  

Crossover SUV adalah jenis yang pertumbuhan pemasarannya paling pesat secara global.

Jaguar, merek yang dimiliki oleh grup Jaguar Land Rover, saat ini lebih dikenal dengan kendaraan sport dua pintu dan sedan besar.

Sumber lain menyebut bahwa Jaguar akan mengumumkan secara resmi model-model  baru tersebut pada Frankfurt International Motor Show September tahun ini.

Grup Jaguar Land Rover dimiliki oleh Tata Motors dari India.

Juru bicara Jaguar Land Rover tidak bersedia berbicara mengenai produk-produk yang akan datang tersebut.

Evoque dan Freelander, keduanya model "terjangkau" dari Land Rover,  adalah kendaraan paling laris dari merek tersebut.

"Logis jika Jaguar memanfaatkan momentum dari Land Rover kemudian memperluas model mereka," kata pengamat Christoph Sturmer dari IHS Automotive.

"Jaguar tak sampai setengah dari ukuran Land Rover, jadi mereka harus kerja keras untuk menciptakan model baru, selain itu para investor lebih senang jika model baru itu ukurannya lebih kecil."

Model-model baru Jaguar tersebut akan menyaingi BMW dan Mercedes-Benz, dua merek yang mendominasi kendaraan mewah "entry level".

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013