Saya berharap dapat membukukan prestasi seperti di Siverstone
Jakarta (ANTARA News) - Sean Gelael akan tampil pada putaran kedua Kejuaraan Formula 3 Internasional Inggris pada 25-27 Juli 2013 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, setelah pada putaran pertama di Silverstone, Inggris, tampil mengesankan naik podium ketiga pada dua perlombaan (race).

Pelajar setingkat kelas dua SMU, Sean, yang berusia 16 tahun, saat ini berada pada posisi kelima klasemen umum, terpaut dua angka dari peringkat kedua Felipe Guimaraes dari Brazil.

Sean membalap dalam 10 putaran Kejuaraan FIA F3 Eropa pada musim 2013, diselingi dengan empat putaran kejuaraan F3 Internasional Inggris, selain kejuaraan Master F3 di Belanda dan kejuaraan lainnya di Macao akhir musim ini.

"Saya berharap dapat membukukan prestasi seperti di Siverstone. Walaupun saya belum pernah berlomba di sirkuit ini, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih yan terbaik," kata Sean dalam surat elektronik kepada media, Senin.

"Sirkuit ini amat menantang. Dengan panjang sekitar tujuh kilometer, para pembalap dituntut untuk dapat bereaksi dengan cepat, jika tidak, kesalahan sekecil apapun dapat menyebabkan terjadinya insiden yang akan sangat merugikan," katanya.

Sirkuit Spa-Francorchamps dirancang oleh Jules de Their dan Henri Langlois Van Ophem pada 1920 dan hingga kini dianggap sebagai salah satu sirkuit paling menantang.

Sirkuit ini tetap menjadi tuan rumah Belgia Grand Prix yang merupakan salah satu seri kejuaraan Formula 1 dan juga kejuaraan otomotif internasional lainnya, termasuk kejuaraan ketahanan Spa 24 jam, merupakan balap turing GT Supercar yang diikuti pebalap kondang dari berbagai negara Eropa.

Namun penonton tidak akan berpaling dari lomba F3, karena kenyataannya mobil seperti yang dinaiki Sean dari tim Double R Racing - Dallara-Mercedes, mampu melaju dengan kecepatan 300bhp, menyaingi kendaraan GT Cars.

Spa merupakan sirkuit sangat tepat bagi para pembalap muda untuk belajar. Manager Sean Gelael, Piers Hunnisett, mantan pebalap Formula pada era 1990-an di Inggris, mengatakan sirkuit itu tempat belajar para pebalap muda.

"Para pembalap muda, dalam mempersiapkan masa depan mereka, sebaiknya berlomba sebanyak-banyaknya di kategori junior, seperti di Formula 3 di sirkuit ini. Banyak pebalap yang mengatakan ini sirkuit terbaik untuk latihan," katanya.

Sean Gelael tampil untuk pertama kalinya di sirkuit itu. Pada kejuaraan akhir pekan ini, para pebalap akan berlomba dalam tiga laga (race). Sean akan berlomba dalam dua race pada Jumat dan lomba berikutnya Sabtu. 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013