Inovasi yang dipatenkan itu mulai dari komposisi aditif untuk produksi biji plastik polypropylene,....
Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju Palembang, Sumatera Selatan, mematenkan tujuh inovasi di bidang operasi dan pemberdayaan masyarakat sepanjang 2023.

Inovasi yang dipatenkan itu mulai dari komposisi aditif untuk produksi biji plastik polypropylene, produksi refrigeran berbasis hidrokarbon, hingga proses pembuatan blok peredam untuk tungku pembakaran, kata General Manager Refinery Unit III Yulianto Triwibowo di Palembang, Senin

Selain itu, Kilang Pertamina Plaju juga telah mengukir beragam prestasi sepanjang 2023 dengan total 44 penghargaan tingkat (level) lokal, nasional, dan internasional.

Baca juga: Investor diprediksi lirik Pertamina pascaperingkat pertama ESG Dunia

Penghargaan yang diraih perusahaan mencakup bidang inovasi operasional, lingkungan serta pemberdayaan masyarakat, katanya.

Dia menjelaskan, Kilang Pertamina Plaju akan terus teguh dalam mendukung visi dan langkah Pertamina untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia.

“Dalam usia 66 tahun Pertamina di 2023 ini, kami berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), pemerintah, dan seluruh masyarakat Indonesia atas kepercayaan yang begitu besar dan telah setia mendukung perusahaan milik negara ini,” ujarnya.

Usia ke-66 tahun menjadi momentum refleksi perjalanan panjang Pertamina dalam menghadirkan inovasi dan transformasi yang berkelanjutan.

Komitmen Kilang Pertamina Plaju sebagai salah satu unit vitalnya untuk mengolah energi terbaik pun terus disuarakan.

Capaian positif ditorehkan oleh Pertamina di usia di atas enam dasawarsa ini dinikmati pula oleh warga sekitar operasional perusahaan.

Sepanjang 2023, perusahaan juga telah berkontribusi lewat Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Baca juga: Pengamat: Pertamina lakukan distribusi BBM dan LPG dengan baik

Tercatat 1.903 orang menjadi penerima secara langsung maupun tidak langsung dari berbagai program TJSL Kilang Pertamina Plaju.

Selain itu, perbaikan infrastruktur jalan sepanjang 4,7 Km di wilayah jalan selatan juga dilakukan pada tahun yang sama.

Perbaikan jalan tersebut mampu memperlancar aktivitas warga di 10 desa yang berada di Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, kata General Manager Refinery Unit III Yulianto.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023