...donor bisa dilakukan malam hari, beberapa jam setelah berbuka puasa..."
Pekanbaru (ANTARA News) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru menyatakan mendonorkan darah saat Ramadhan tidak akan membatalkan puasa sehingga masyarakat diimbau jangan ragu mendonasikan darah ketika menjalankan puasa.

"Kami telah berkonsultasi dengan para ulama, mendonorkan darah itu tidak membatalkan puasa. Jadi, sebaiknya masyarakat tidak ragu untuk mendonorkan darahnya saat Ramadhan seperti sekarang ini," kata Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, Yuzamri Yakub, dihubungi Antara per telepon di Pekanbaru, Minggu malam.

Ia mengatakan, donor darah saat puasa bahkan tidak akan mengganggu kesehatan asalkan mempunyai berat badan minimum 45 kilogram.

Hanya saja, kata dia, darah yang diambil saat Ramadhan tentunya akan berbeda takarannya.

"Untuk laki-laki yang mempunyai volume darah 5,5 liter, darah yang diambil hanya 350 cc atau bahkan 300 cc. Hal ini untuk mengantisipasi stamina pendonor," katanya.

Yang perlu diperhatikan sebelum donor saat puasa antara lain cukup tidur.

Jangan sampai sebelum darah diambil, kata dia, pendonor kurang istirahat dan membuatnya kurang bertenaga atau stamina menurun.

"Asupan makanan juga perlu diperhatikan, agar kondisi tidak drop karena puasa. Serta jangan sampai HB-nya rendah karena kurang istirahat," katanya.

Ia mengatakan, selama berpuasa, waktu yang memungkinkan melakukan donor adalah pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB, di mana ketika itu, kondisi tubuh masih baik usai bersantap sahur.

"Atau jika masih ragu, donor bisa dilakukan malam hari, beberapa jam setelah berbuka puasa sehingga tidak mengganggu stamina pendonor ketika berpuasa keesokan harinya," kata dia.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013