...demi kelancaran arus mudik sekaligus mengurangi potensi kemacetan dan kecelakaan..."
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia meminta PT Jasa Marga dan para pengelola jalan tol di Pulau Jawa untuk segera menyelesaikan seluruh perbaikan jalan tol sebelum H-7 Lebaran.

"Sampai saat ini beberapa ruas jalan tol yang menjadi jalur utama mudik masih dalam perbaikan. Perbaikan itu seharusnya sudah selesai sebelum H-7, demi kelancaran arus mudik sekaligus mengurangi potensi kemacetan dan kecelakaan," kata Yudi Widiana Adia melalui siaran pers yang diterima Antara, Minggu.

Menurut dia, beberapa ruas jalan tol yang sampai saat ini masih dalam perbaikan seperti jalan tol Jakarta-Merak pada km 57 arah Jakarta dan di Cikupa masih dalam pengaspalan.

Pada ruas jalan Jakarta-Cikampek di km 47 ada badan jalan yang ambles dan belum diperbaiki. Pada ruas jalan tol Cipularang masih ada perbaikan dan penguatan lereng di tepi jalan yakni di km 92.

Pada ruas jalan tol Purbaleunyi di km 126 masih ada perbaikan, serta beberapa titik "rest area" yang rusak sehingga menghambat arus lalulintas.

Di jalur utama Pantura, mulai dari Cikampek hingga Cirebon, menurut Yudi, masih banyak kondisi jalan rusak dan berlubang.

"Kerusakan cukup parah terdapat di hampir dua kilometer sepanjang jalan di Pemanukan, Indramayu," katanya.

Yudi menambahkan, selain kondisi jalan berlubang juga ada tuas jalan yang bergelombang sehingga cukup membahayakan pengendara kendaraan bermotor.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013