Jakarta (ANTARA News) - Ada banyak pilihan untuk bisa sampai di kampung halaman saat hari raya Idul Fitri nanti. Salah satunya adalah dengan menggunakan mobil rental.

Menggunakan mobil rental bisa menjadi alternatif terutama jika anda akan memboyong keluarga. Berikut tips mudik dengan mobil rental ala President Director Autonet Rent Car R Riyoko Gunandi.

Pertama, segera pesan atau booking kendaraan yang rencananya akan anda gunakan untuk mudik.

"Biasanya yang paling banyak digunakan itu jenis MPV seperti Avanza, Xenia atau Innova. Jika tidak cepat booking, yang tersisa nanti tinggal kendaraan mewah seperti Pajero, Alphard atau CRV yang tarifnya lebih mahal," jelasnya.

Selanjutnya, Riyoko mengatakan agar pemudik yang menyewa mobil bisa memelihara kendaraan seperti miliknya sendiri.

"Beberapa rental mobil 'kan tidak menanggung biaya kerusakan yang disebabkan si pengendara. Juga jangan bawa kendaraan rental ke sembarang bengkel jika ada kerusakan," katanya.

Hal serupa disampaikan General Manager Trac-Astra Rent a Car Kun Dwi Ananto. Ia mengatakan penting bagi para calon pemudik untuk memilih rental mobil terpercaya dan bisa memberikan pelayanan yang baik mulai dari proses awal penyewaan hingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, penyewa juga hendaknya mengecek fisik kendaraan sebelum digunakan mudik.

"Pastikan kondisnya aman dan nyaman," katanya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013