Jakarta (ANTARA News) - Baru menginjak pekan pertama bulan Ramadhan, rental mobil sudah ramai terbooking. Rental mobil Trac-Astra Rent a Car, misalnya, telah terbooking hingga 70 persen.

"Rata-rata sudah terbooking hingga 70 persen untuk H-7 (Idul Fitri)," kata General Manager Trac-Astra Rent a Car Kun Dwi Ananto kepada ANTARA News di Jakarta, Sabtu.

Menurut Kun, rental mobil afiliasi perusahaan otomotif Astra Internasional itu menyediakan paket mudik Lebaran empat hari, tujuh hari dan 10 hari. Hampir kesemua paket itu telah terbooking penuh.

"Rata-rata tujuan mudik di wilayah Jawa (sekitar 70 persen), Sumatera (20 persen) dan sisanya Kalimantan atau Sulawesi," jelasnya.

Sementara itu, rental mobil Autonet Rent Car memperkirakan akhir Juli pemesanan untuk sewa mobil akan mulai meningkat.

"Kalau saat ini sih masih sedikit, baru sekitar lima hingga 10 unit yang terbooking. Akhir bulan ini mungkin baru banyak yang booking karena Lebaran kan sekitar 8-9 Agustus," kata President Director Autonet Rent Car R Riyoko Gunandi.

Riyoko mengungkapkan destinasi utama penyewaan kendaraan biasanya berkisar di wilayah Jawa seperti Yogyakarta atau Solo. Sementara itu, rata-rata pelanggan menyewa mobil untuk digunakan H-3 hingga H+3 Lebaran.

"Kami menyiapkan paket Lebaran mulai dari tujuh hari, 10 hari hingga 20 hari penyewaan. Paling banyak pelanggan pesan untuk paket Lebaran tujuh hari sewa," katanya.

Sedangkan jenis kendaraan favorit yang paling banyak disewa, diakuinya adalah multi purpose vehicle (MPV) seperti Avanza atau Xenia serta jenis minibus Innova.(*)

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013