Urumqi (ANTARA) - Volume kargo kereta Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, sejak awal tahun ini telah mencapai 200 juta ton, menurut China Railway Urumqi Group Co., Ltd.

Batu bara merupakan kargo utama yang diangkut melalui jalur kereta di daerah tersebut. Hingga Jumat (8/12), total 121 juta ton batu bara telah diangkut dengan kereta di Xinjiang, naik 5,38 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 51,54 juta ton batu bara dikirim ke luar Xinjiang, naik 8,4 persen (yoy).

Sejalan dengan kebutuhan transportasi material utama, Xinjiang meningkatkan kapasitasnya untuk mendukung pengangkutan barang-barang seperti pupuk, bijih logam, kapas, saus tomat, dan jus. Per Jumat, 260.500 ton saus tomat, saus sambal, gula, tepung, dan berbagai produk lainnya telah diangkut, naik 18,1 persen (yoy).

Tahun ini menandai 10 tahun pembentukan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra. Xinjiang telah mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan efisiensi transportasi kereta kargo China-Eropa.

Hingga Jumat, Pelabuhan Alashankou telah menangani 6.260 kereta kargo China-Eropa, naik 7,1 persen (yoy), sementara Pelabuhan Horgos menangani 7.268 kereta serupa, naik 10 persen (yoy). 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023