Saya baru kembali dari Kabupaten Konawe Selatan, mengunjungi para korban banjir yang tersebar di beberapa lokasi penampungan di kabupaten tersebut,"
Kendari (ANTARA News) - Anggota DPR RI, Umar Arsal, mengunjungi korban banjir di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, yang tersebar di sejumlah lokasi penampungan di kabupaten tersebut.

"Saya baru kembali dari Kabupaten Konawe Selatan, mengunjungi para korban banjir yang tersebar di beberapa lokasi penampungan di kabupaten tersebut," katanya di Kendari, Jumat malam.

Anggota DPR asal Partai Demokrat itu mengaku dirinya bersama tim dari Rumah Aspirasinya, menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan kepada para korban banjir.

"Dalam kunjungan di Konawe Selatan, saya membawa empat dokter, membatu mengobati korban banjir yang terserang penyakit," katanya.

Selain menyalurkan bantuan kepada para korban banjir, anggota Komisi V DPR itu juga mengaku meninjau sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan yang putus akibat diterjang banjir.

Selain itu, juga melihat sejumlah areal persawahan siap panen yang rusak terendam air.

"Sebagai anggota Komisi V DPR, saya akan mengusulkan kepada pemerintah pusat, agar kerusakan infrastruktur jalan jembatan bisa mendapatkan bantuan dana untuk dibangun kembali," katanya.

Sehari sebelumnya, Umar Arsal juga mengunjungi korban banjir di Kabupaten Konawe yang tersebar di sejumlah lokasi.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, H Nur Alam, mengatakan banjir yang melanda wilayah Sultra dalam dua hari terakhir, telah merusak sejumlah sarana dan prasarana jalan dan jembatan.

Di Konawe Selatan, menyebabkan jembatan Laea yang menghubungkan poros jalan Punggaluku - Ambesea putus dan hanyut terbawah air.

Selain itu, seluruh sawah di kecamatan Alangga dan sekitarnya sudah terendam banjir.

Sedangkan di Kabupaten Konewe banjir yang terjadi telah menyebabkan jembatan poros Pohara - Amesiu putus dan hampir seluruh sawah terendam banjir.

Sementara di Kota Kendari menurut gubernur, musibah banjir juga merusak sejumlah jembatan dan ruas jalan.(*)


Pewarta: Sarjono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013