Batam, 18/7 (Antara) - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis rindu suasana Bulan Ramadhan di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tempatnya menghabiskan masa kecil.

Kepada Antara di Batam, Kamis, ia bercerita hampir setiap hari di bulan puasa menghabiskan waktu bermain pedang-pedangan bersama Robert Iwan yang kini pejabat di pemerintah.

Biasanya, Harry bersama kawan-kawan berlari tanpa mengenal waktu, hingga beduk berbuka puasa tiba dan masing-masing pulang ke rumah.

"Hampir setiap bulan puasa kami bermain pedang-pedangan menjelang sore sehingga tanpa terasa datang berbuka puasa," kata pria kelahiran Tanjung Pinang, 25 April 1956.

Kenangan berpuasa di Tanjungpinang bersama kawan-kawannya sangat membekas. Apalagi, kini ia menjabat anggota DPR RI daerah pemilihan Kepri, dan kawan-kawannya pun sukses di bidangnya masing-masing.

"Kadang-kadang muncul kerinduan di masa kecil. Sesuatu yang tidak mungkin terjadi, tapi tiap bulan Ramadhan datang selalu muncul keindahan di masa lalu," kata ayah tiga anak itu sambil tersenyum.

Kenangan itu yang selalu membangkitkan semangat untuk menjalankan puasa sepanjang Ramadhan, kata dia lagi.

Saat ini, dengan kesibukan di Partai Golkar dan di DPR RI, Harry mengaku jarang berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Apalagi, istrinya juga sibuk sebagai pengajar di Universitas Indonesia, dan anak-anaknya yang sekolah di luar kota.

"Di rumah cuma tinggal istri saya dan anak saya Ibrahim Azhar yang paling kecil, anak saya yang tua Mina Azhar kini sedang S2 di Amerika Serikat dan yang nomor dua Hanifah Azhar kini sedang menyelesaikan S1 di ITB Bandung, jadi memang sudah sepi di rumah," kata dia.

Meski begitu, Harry memiliki makanan kesukaan sendiri sebagai penganan pembuka, yaitu kolak pisang, teh hangat, dan kurma.

"Atau es cendol, bubur kacang ijo dan kurma," kata dia menambahkan. ***4***

(Y011/A035)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013