Palembang (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Selatan menghimpun donasi sebesar Rp1,72 miliar sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan bagi warga Palestina.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan di Palembang, Selasa, mengatakan, penghimpunan donasi itu sesuai surat edaran Menteri Agama tentang aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina.

Sehubungan dengan itu pihaknya mengimbau keluarga besar Kemenag se-Sumsel dan masyarakat untuk membaca qunut nazilah dan shalat gaib serta menghimpun donasi secara sukarela.

“Alhamdulillah, keluarga besar Kemenag di seluruh kabupaten/kota se-Sumsel memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kondisi warga Gaza di Palestina. Selain membaca qunut nazilah, shalat gaib, dan doa bersama, mereka juga menyumbang donasi peduli Palestina secara sukarela melalui rekening Tanggap Kemenag Sumsel. Selanjutnya, hari ini dana sebesar Rp1,72 miliar sudah disalurkan untuk Palestina,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Serang salurkan donasi Rp1 miliar untuk Palestina

Baca juga: UIN Jakarta: 95 persen umat Islam taati fatwa MUI dukung Palestina

Baca juga: Baznas kirim bantuan kemanusiaan 12 kontainer untuk Palestina


Ia mengatakan hal tersebut membuktikan rasa kepedulian dan kemanusiaan warga Sumsel sangat tinggi. Meski berbeda suku, bangsa, dan agama, mereka rela dan ikhlas membantu.

"Hal ini juga membuktikan bahwa kemanusiaan memang tidak mengenal waktu dan tempat. Tidak harus menjadi Muslim untuk membantu dan peduli dengan Palestina, tapi cukup dengan memiliki rasa kemanusiaan," ujarnya.

Syafitri mengucapkan terima kasih kepada warga Kemenag Sumsel, baik dari Kanwil, Kemenag Kabupaten/Kota, KUA, madrasah, pesantren, majelis taklim, ormas keagamaan maupun masyarakat umum, serta pihak-pihak lain yang ikut menyumbang dan terlibat dalam aksi solidaritas Palestina.

"Dana yang terkumpul ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu meringankan beban warga Palestina," kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023