Ottawa (ANTARA) - Ketenagakerjaan Kanada hanya sedikit berubah pada November 2023 dan tingkat penyerapan angkatan kerja (employment rate) turun 0,1 poin persentase menjadi 61,8 persen karena pertumbuhan populasi terus melampaui pertumbuhan lapangan kerja, demikian dikatakan Statistics Canada pada Jumat (1/12).

Tingkat pengangguran naik 0,1 poin persentase menjadi 5,8 persen, melanjutkan tren kenaikan yang tercatat sejak April tahun ini, kata badan statistik nasional itu.

Menurut badan tersebut, lapangan kerja meningkat di sektor manufaktur dan konstruksi. Sementara itu, penurunan tercatat di sektor perdagangan grosir dan eceran, keuangan, asuransi, properti, penyewaan, dan sewa guna.

Total jam kerja turun 0,7 persen pada November dan naik 1,3 persen dalam basis tahunan (year on year/yoy), lanjut badan tersebut.

Sebagian besar imigran yang tiba dalam lima tahun sebelumnya kesulitan menemukan pekerjaan yang berhubungan dengan kredensial pendidikan tinggi atau pengalaman kerja mereka yang diperoleh di luar negeri, kata Statistics Canada.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023