Inggris Raya adalah lokasi yang ideal..."
Tokyo (ANTARA News) - Pabrikan otomotif Jepang Honda, Jumat, mengumumkan rencana membangun basis operasi balap Eropa di Inggris Raya menjelang kembalinya mereka ke Formula Satu pada 2015.

Honda mengatakan pada Mei bahwa mereka akan kembali ke olahraga ini sebagai pemasok mesin untum tim Inggris Raya McLaren, sebagai upaya mereka membangkitkan kembali kerja sama yang pernah melahirkan berbagai gelar juara.

Fasilitas baru di Milton Keynes, 80 kilometer ke arah barat laut dari London, itu "akan membangun kembali dan menjaga kekuatan unit-unit yang dikembangkan di pusat (riset dan pengembangan) Honda" di Jepang.

"Inggris Raya adalah lokasi yang ideal; itu adalah kandang bagi McLaren, banyak pemasok F1 bermarkas di Inggris Raya dan dengan tujuh dari 19 balap berlangsung di Eropa (pada 2013)," kata Honda dalam pernyataannya.

Pabrikan Jepang ini mengundurkan diri dari F1 setelah musim 2008, mengakhiri keterlibatan yang telah dimulai pada 1960-an, untuk memangkas biaya-biaya sepanjang krisis ekonomi yang memangkas ekspor Jepang ke AS dan Eropa.

Mereka menjual tim itu kepada mantan pemimpin Ross Brawn pada tahun depannya.

Perubahan terkini pada peraturan-peraturan F1, promosi penggunaan mesin-mesin turbo yang ramah lingkungan, membuat keputusan untuk kembali ke dunia balap lebih mudah diambil karena Honda dapat mentransfer teknologi yang sudah diterapkan pada kendaraan-kendaraan komersialnya.

Aliansi McLaren-Honda menguasai Formula 1 dari 1988 sampai 1991, di mana Aryton Senna dan Alain Prost menjadi pebalap mereka.

Honda mulai membalap di Formula 1 sebagai satu tim utuh pada 1964, dan bertahan sampai 1986. Sepanjang masa itu, mereka memenangi dua balapan.

Kemudian, sebagai pemasok mesin ke tim-tim lain termasuk McLaren, Williams, dan Lotus, mereka berpartisipasi dari 1983 sampai 1992, dan memenangi 69 balapan.

Setelah non aktif selama delapan tahun, Honda kembali sebagai penyedia mesin dan kemudian sebagai pemilik suku cadang tim BAR dari 2000 sampai 2005. Pada 2006 mereka mengambil kendali penuh dan kembali menamai tim sebagai tim Honda.

(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013