Ottawa (ANTARA) - Produk Domestik Bruto (PDB) riil Kanada turun 0,3 persen pada kuartal ketiga tahun 2023, menyusul kenaikan 0,3 persen pada kuartal kedua, demikian disampaikan oleh Statistics Canada, Kamis (30/11).

Penurunan dalam hal ekspor internasional dan akumulasi stok yang lebih lambat secara parsial itu diimbangi oleh peningkatan belanja pemerintah dan investasi perumahan.

Permintaan domestik akhir naik 0,3 persen, menyusul peningkatan serupa pada kuartal kedua, ungkap badan statistik nasional negara itu.

Sektor publik naik 0,9 persen pada kuartal ketiga, meningkat selama 13 kuartal berturut-turut dan merupakan kontributor terbesar terhadap pertumbuhan, yang sebagian berasal dari rebound aktivitas dalam administrasi publik pemerintah federal menyusul dampak aksi mogok yang terjadi pada kuartal sebelumnya, kata badan tersebut.

Menurut badan itu, PDB riil naik tipis 0,1 persen pada September. Industri-industri yang memproduksi barang memimpin pertumbuhan dengan peningkatan pertama dalam enam bulan, sementara industri yang memproduksi jasa pada dasarnya tidak mengalami perubahan.

Informasi awal mengindikasikan bahwa PDB riil naik 0,2 persen pada Oktober. Peningkatan di sektor pertambangan, penggalian, ekstraksi minyak dan gas, perdagangan retail, dan konstruksi sebagian diimbangi oleh penurunan di sektor perdagangan grosir, papar Statistics Canada.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023