Jalur tersebut akan digunakan sebagai jalur mudik khusus sepeda motor pada musim mudik lebaran 2013. Jadi memerlukan lampu PJU,"
Karawang (ANTARA News) - Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta pemerintah daerah setempat menambah lampu penerang jalan umum di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor, menyusul masih minimnya lampu penerang jalan umum di sepanjang jalur itu. 

Kapolres Karawang AKBP Tubagus Ade Hidayat mengatakan, jalan raya sepanjang sekitar 43 kilometer, mulai dari Tanjungpura sampai pertigaan Cikalong masih minim lampu penerang jalan umum (PJU).

"Jalur tersebut akan digunakan sebagai jalur mudik khusus sepeda motor pada musim mudik lebaran 2013. Jadi memerlukan lampu PJU," katanya, di Karawang, Kamis.

Ia mengaku telah meminta pemerintah daerah setempat menambah lampu PJU di sepanjang jalur itu. Selain memperlancar arus mudik lebaran 2013, keberadaan lampu PJU juga untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas pada malam hari di jalur khusus sepeda motor tersebut.

Menurut dia, sesuai dengan pantauan yang telah dilakukan, di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor masih cukup minim lampu PJU. Mesti ada beberapa titik yang sudah terpasang, tetapi kondisinya rusak atau tidak berfungsi.

"Kondisi seperti itu harus segera diantisipasi, dengan menambah dan memperbaiki lampu PJU yang rusak. Jika tidak segera diantisipasi, khawatir akan mengakibatkan berbagai hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, tindak kejahatan, dan lain-lain," katanya.

Selain itu, pihak kepolisian dari Polres Karawang juga mengingatkan agar pemerintah daerah setempat segera memperbaiki jalan yang masih rusak di sepanjang jalur mudik khusus sepeda motor itu.

Mengenai kerusakan jalan, Pemkab Karawang melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan sudah setempat mengalokasikan anggaran sekitar Rp9 miliar untuk perbaikan jalur mudik khusus sepeda motor pada arus mudik lebaran 2013.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang Acep Jamhuri mengatakan, sesuai dengan hasil survei sementara yang telah dilakukan, sejumlah titik jalan yang akan menjadi jalur khusus mudik sepeda motor mengalami kerusakan.

Sejumlah titik kerusakan jalan itu sendiri terlihat sejak dari pertigaan Johar sampai wilayah Cikalong. Kerusakan jalan tersebut perlu diperbaiki menjelang arus mudik Lebaran. Sebab jalur mudik dari Johar sampai Cikalong sepanjang sekitar 30 kilometer itu sudah menjadi jalur khusus sepeda motor setiap musim mudik Lebaran.

"Kita memastikan, sebelum musim mudik Lebaran nanti, jalur Johar-Cikalong itu sudah selesai diperbaiki. Karena pada pekan ini sudah dimulai perbaikan jalan yang rusak di sepanjang jalur itu. Anggarannya sudah ada, sekitar Rp9 miliar," kata Acep.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013