Tokyo (ANTARA) - Indonesia berlaga dalam kejuaraan pandu sorak dunia 11th Cheerleading World Championship 2023 yang digelar di Takasaki, Prefektur Gunma, Jepang.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi pada Jumat mengapresiasi keikutsertaan Indonesia dalam kejuaraan yang diikuti 18 negara tersebut.

"Keikutsertaan tim Indonesia dalam kejuaraan ini adalah bukti pengakuan dunia terhadap prestasi tim cheerleader Indonesia. Pembinaan para atlet sejak usia dini yang dilakukan FCSI sudah sangat baik,” katanya di Tokyo.

Dia memastikan dukungan KBRI Tokyo dalam laga yang turut membawa nama Indonesia tersebut.

“KBRI Tokyo senantiasa berupaya mendukung keterlibatan putra-putri terbaik Indonesia dalam berbagai kejuaraan di wilayah akreditasi KBRI Tokyo," ujarnya.

Tim Nasional Indonesia kategori Junior dalam kejuaraan pemandu sorak dunia ini terdiri dari 72 atlet dengan didampingi pelatih dan ofisial dari Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI).

Tim Indonesia terbagi menjadi sejumlah tim, yaitu Tim Indonesia Junior 1A dan 1B kategori usia 7-12 tahun, Tim Indonesia Junior 2 kategori usia 12-16, dan Tim Indonesia Senior All Female usia 16 tahun ke atas.

Untuk kategori Junior, Tim Japan A, Japan B, dan Japan C menduduki peringkat pertama, kedua, dan ketiga. Disusul Tim Thailand B, Indonesia A, Indonesia B, Korea, Singapura dan Thailand A.

Kejuaraan pemandu sorak dunia ini, yang digelar oleh Japan Cheerleading Association (JCA), berlangsung pada 23-26 November 2023.

JCA adalah organisasi yang terafiliasi dengan International Federation of Cheerleading dan juga Japanese Olympic Committee.

Baca juga: Siswa Indonesia juarai pidato Bahasa Inggris di Jepang
Baca juga: 12 diaspora Indonesia di Jepang raih Ambassador Award

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023