Kegiatan bukan hanya menyambut Ramadhan juga untuk menciptakan rasa kebersamaan dan saling menghormati antar pemeluk agama,"
Sukabumi (ANTARA News) - Ribuan warga Kota Sukabumi menggelar pawai Tahrib Ramadhan dalam menyambut bulan suci Ramadan 1434 H, dan kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin warga setiap tahunnya.

Selain menggelar pawai tahrib, Pemkot Sukabumi juga melepas kirab Piala Adipura 2013 dengan diawali pengukuhan satuan tugas patroli simpatik Ramadan. Pawai tahrib tersebut dilakukan dengan berkeliling Kota Sukabumi menggunakan pakaian dan ornamen khas Ramadan.

"Kegiatan bukan hanya menyambut Ramadhan juga untuk menciptakan rasa kebersamaan dan saling menghormati antar pemeluk agama," kata Ketua Panitia Penyelenggara, Fifi Kusumajaya kepada wartawan, Sabtu.

Menurut Fifi, dalam acara tersebut diikuti sekitar 35 ribu 35 ribu peserta, yang terdiri dari para tokoh agam, tokoh masyarakat, pemuda dan ibu-ibu majelis taklim, TNI, Polri, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan mahasiswa, santir dan ormas islam.

Acara pelepasan kirab Piala Adipura dan Pawai Tarhib Ramadan tersebut juga diselingi acara penyerahan Tafrih Ramadan berupa bantuan paket kebutuhan pokok kepada 2 ribu kaum dhuafa di Kota Sukabumi yang diberikan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Sukabumi, M Muraz dan serta Tausiyah Marhaban Ya Ramadhan oleh Ketua Umum MUI Kota Sukabumi.

Adapun rute Kirab Piala Adipura 2013, star dari Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Suryakencana, Jalan Bhayangkara, Jalan K.H. Ahmad Sanusi, Jalan Cemerlang, Jalan Sejahtera, Jalan Pelabuhan II, Jalan Merdeka, Jalan Baros, Jalan Garuda, Jalan Pembangunan, Jalan R.A. Kosasih, Jalan Siliwangi, dan finish di Jalan R. Syamsudin, S.H., tepatnya di depan Balai Kota Sukabumi.

Sedangkan rute Pawai Tahrib Ramadan yakni star dari Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan A. Yani, Jalan Gudang, Jalan R.E. Martadinata, Jalan Siliwangi, Jalan R. Syamsudin, S.H., Jalan Suryakencana, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan finish kembali di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Sementara, Wali Kota Sukabumi, M Muraz menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur dan terima kasih atas keberhasilan Kota Sukabumi meraih Piala Adipura yang ketiga kali dan sebagai wujud kegembiraan dalam menyambut sekaligus memuliakan Ramadaan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di Kota Sukabumi untuk bisa saling menghargai dan menghormati antar umat selama Ramadan ini, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang akan melaksanakan ibadah puasa," kata Muraz.

(KR-ADR/E001)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013