Pada prosesi pelantikan tersebut, Pak Sidarto akan mengikuti pembacaan sumpah jabatan dan kemudian menandatangani naskahnya,"
Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan MPR RI akan menyelenggarakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada Sidarto Danusubroto sebagai Ketua MPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin (8/7).

Keputusan tersebut diambil setelah pimpinan MPR RI menyelenggarakan rapat konsultasi dengan pimpinan fraksi-fraksi dan kelompok DPD RI di MPR, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

"Pada prosesi pelantikan tersebut, Pak Sidarto akan mengikuti pembacaan sumpah jabatan dan kemudian menandatangani naskahnya," kata Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Thohari.

Ia menjelaskan, pada rapat konsultasi antara pimpinan MPR RI dengan pimpinan fraksi-fraksi dan kelompok DPD RI di MPR, seluruh fraksi dan kelompok DPD RI menyatakan menerima Sidarto Dhanusubrooto sebagai Ketua MPR RI.

Seluruh fraksi dan kelompok DPD, kata dia, menilai Sidarto adalah politisi senior, berpengalaman, dan memiliki rekam jejak baik.

Sidarto Dhanusubroto adalah mantan ajudan Presiden I Republik Indonesia Soekarno, dan saat ini menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI serta anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR RI.

"Karena seluruh fraksi dan kelompok DPD RI menerima Sidarto, maka prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan akan diselenggarakan sesuai jadwal, pada Senin," katanya.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, pimpinan MPR RI juga mengundang pimpinan lembaga negara, yakni Presiden dan Wakil Presiden, pimpinan DPR, pimpinan DPD, Ketua Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Konstitusi, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, serta Ketua Komisi Yudisial.

"Kami sudah mengirimkan surat undangannya hari ini," katanya.

Hajriyanto menambahkan, prosesi pelantikan tersebut, setelah Sidarto mengikuti pembacaan sumpah jabatan dan kemudian menandatangani naskahnya.

Selain Sidarto, kata dia, naskah sumpah jabatan tersebut juga ditandatangani oleh empat orang pimpinan DPR RI dan rohaniwan yang membacakan sumpah jabatan tersebut.

"Setelah dilantik, maka Pak Sidarto langsung bekerja sebagai Ketua MPR RI," katanya.

Hajriyanto meyakini, Sidarto akan melanjutkan program kerja MPR RI yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh almarhum Taufiq Kiemas.
(R024/R010)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013