Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ferrari Charles Leclerc merebut pole Grand Prix Las Vegas dan langsung menargetkan kemenangan di balapan utama yang akan digelar Minggu (19/11) waktu setempat.

Leclerc menjadi yang tercepat dan akan memulai balapan utama di Las Vegas Street Circuit dari posisi terdepan, sementara di belakangnya adalah juara bertahan Max Verstappen (Red Bull), diikuti oleh George Russell (Mercedes) dan Pierre Gasly (Alpine).

“Memulai dari pole adalah hal yang bagus. Namun, saya sedikit kecewa dengan lap saya di Q3. Saya tidak melakukan pekerjaan dengan cukup baik tapi itu cukup untuk P1 dan hanya itu yang kami butuhkan,” kata Leclerc, dikutip dari AFP, Sabtu.

“Sekarang fokus saya adalah untuk mencoba dan mengerahkan segalanya pada balapan utama. Biasanya, di situlah performa kami paling kurang, jadi saya harap kami bisa menyatukan semuanya dan menang di sini,” ujarnya menambahkan.

Adapun Leclerc belum pernah menang dari posisi pole di grid sejak GP Australia pada 2022, setelah meraih pole sebanyak 12 kali dalam periode tersebut. Namun, kali ini ia menyatakan optimismenya untuk menang.

“Kami cukup percaya diri karena kami memulai dari posisi pertama, itu adalah tempat terbaik untuk memulai (balapan). Di sisi lain kami tahu bahwa Red Bull akan menjadi sangat kuat dan Max (Verstappen) jelas akan sangat cepat,” kata Leclerc.

“Tapi saya merasa kami mendapatkan tanda-tanda positif akhir pekan ini…lebih banyak dibandingkan balapan lainnya, jadi saya harap kami bisa mengubah posisi terdepan itu menjadi kemenangan,” imbuh pembalap Monaco itu.

Baca juga: Leclerc yakin bisa rebut pole di GP Las Vegas

Sementara itu, rekan satu tim Leclerc yaitu Carlos Sainz awalnya finis di P2, namun ia dikenakan penalti grid 10 tempat sehingga harus memulai balapan utama Las Vegas dari P12.

“Saya masih kecewa dengan keputusan itu. Saya tidak akan berbohong, suasana hati saya masih sangat buruk dan saya berusaha untuk tidak menunjukkannya terlalu banyak. Tapi itulah yang terjadi,” kata Sainz.

Di sisi lain, Verstappen mengatakan masih melihat ada peluang untuk kembali membukukan kemenangan musim ini. Pembalap Belanda itu telah memenangkan 17 balapan pada musim 2023.

“Saya berharap pada balapan besok kami kembali tampil bagus terutama dari segi ban dan dapat bekerja keras untuk merebut posisi di depan,” kata Verstappen.

Baca juga: Hamilton dan Russell nikmati sesi latihan di GP Las Vegas
Baca juga: Statistik Grand Prix Las Vegas di Nevada

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023