JAKARTA (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menerima penyaluran donasi kemanusiaan untuk membantu rakyat Palestina dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) senilai Rp23 miliar.

"Donasi untuk Palestina yang dikumpulkan oleh MUI dari beberapa organisasi masyarakat (ormas) dan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) sebesar Rp23 miliar. Dana tersebut sekaligus juga menambah jumlah dana yang sudah terhimpun di Baznad sampai dengan sekarang ini sudah Rp61,5 miliar lebih," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad usai Rapat Paripurna Dewan Pimpinan MUI Tahun 2023 di Jakarta, Jumat.

Baznas telah mengirimkan bantuan dalam dua tahap, yakni pada tahap pertama dilepas oleh Presiden Joko Widodo dan saat ini bantuan telah sampai jalur Gaza, Palestina. Kedua, bantuan diserahkan melalui kapal perang TNI Angkatan Laut (AL) pada Selasa (14/11).

"Kami juga berharap penyaluran bantuan tahap selanjutnya bisa segera dilakukan dengan dana yang sudah ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan setidaknya ada tiga jalur yang ditempuh Baznas dalam menyalurkan bantuan untuk Palestina, yaitu jalur Mesir, Yordania, dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

"Sekarang ini yang paling mungkin dan paling cepat sampai adalah menggunakan jalur Mesir. Karena jalur yang dibuka hanya gerbang Rafah di Mesir. Mesir punya hubungan bagus dengan Palestina dan punya hubungan juga dengan Israel," katanya.

Baca juga: NU Care-LazisNU salurkan bantuan makanan hingga air bersih di Gaza

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI Bidang Kerja Sama dan Hubungan Luar Negeri Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan dana kemanusiaan dari MUI untuk Palestina sebesar Rp23 miliar awalnya untuk membangun Rumah Sakit (RS) di Kota Hebron, Palestina pada 2019.

Dia mengatakan karena terdapat kendala-kendala teknis dan geografis, alhasil dana Rp23 miliar tersebut tersimpan lama di MUI. Saat ini, dana tersebut telah mereka serahkan ke Baznas RI guna donasi kemanusiaan untuk Palestina.

"Dan sekarang ini saatnya karena alasan kedaruratan dan soal kemanusiaan, kemaslahatan, maka dewan pimpinan MUI sudah menyepakati dalam rapat bahwa dana Rp23 miliar dialihkan ke dana kemanusiaan di Palestina sekarang ini melalui Baznas RI," kata dia.

Ia mengatakan selain bantuan kemanusiaan senilai Rp23 miliar, MUI juga telah menyerahkan sekitar Rp3,5 miliar yang diperoleh dari aksi damai pada 5 November 2023.

Baca juga: Truk pertama bahan bakar ke Gaza mulai melintasi Mesir
Baca juga: Bantuan untuk Palestina sudah lampaui target Rp50 miliar
Baca juga: Baznas kirim 50 ton bantuan ke Palestina dengan kapal TNI AL

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023