Disamping itu,  kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di DKI Jakarta tentunya juga ikut terdongkrak
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Gani Suwondo Lie meminta kemampuan nelayan di Kepulauan Seribu diperkuat dengan memberikan bekal  pengetahuan dan teknologi  demi terwujudnya ketahanan pangan.

"Kalau ingin mewujudkan perda ketahanan pangan maka kemampuan nelayan Kepulauan Seribu juga perlu diperkuat dengan memberi bekal  pengetahuan dan teknologi," kata Gani ketika menyampaikan pandangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pencabutan Perda nomor 11 tahun 1992 tentang Penataan dan Pengelolaan Kepulauan Seribu Kota Madya Jakarta Utara di Jakarta, Rabu.

Gani menilai dengan adanya peningkatan kemampuan nelayan, maka kebutuhan dasar akan protein hewani di DKI Jakarta khususnya perikanan dan kelautan bisa terpenuhi.

"Disamping itu,  kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di DKI Jakarta tentunya juga ikut terdongkrak,” tambahnya.

Sementara, anggota DPRD DKI Matnoor Tindoan pada kesempatan tersebut ikut mendorong Pemprov DKI Jakarta menata kembali sistem pengelolaan kawasan wisata Kepulauan Seribu.

Diharapkan nantinya sistem pengelolaan sesuai dengan kewenangan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur Kewenangan Daerah Provinsi untuk mengelola sumber daya alam di laut sejauh 12 mil dari garis pantai dan mendukung optimalisasi potensi pengembangan kawasan di wilayah laut dan pulau-pulau kecil.

“Dalam pengelolaan beberapa wilayah Kepulauan Seribu telah dimanfaatkan sebagai kawasan pariwisata, baik yang dikelola untuk kepentingan publik maupun untuk penggunaan pribadi (privat)," ujar Matnoor.

Namun, lanjut dia, sebagian besar lahan tersebut belum dikelola secara optimal dan terhambat oleh regulasi yang masih mengacu pada Perda Nomor 11 Tahun 1992.

Dengan demikian, para anggota DPRD DKI meminta pemerintah provinsi DKI untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga bidang kepariwisataan.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Kabupaten Kepulauan Seribu bisa menjadi teladan pembangunan berkelanjutan di wilayah pesisir Indonesia dalam usianya yang ke-22 tahun.

"Saya berharap bisa semakin maju dan menjadi teladan dalam pembangunan berkelanjutan bagi wilayah pesisir," kata Heru di Jakarta, Kamis, dalam sambutannya memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-22 Kabupaten Kepulauan Seribu.
Baca juga: Kepulauan Seribu bahas bantuan hukum untuk masyarakat kurang mampu
Baca juga: Gubernur DKI minta Kepulauan Seribu jadi teladan pembangunan pesisir
Baca juga: Legislator minta DKI kembangkan ekonomi dan wisata Kepulauan Seribu

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023