IMI menilai sistem informasi berbasis IT adalah sebuah keniscayaan yang harus segera di kembangkan, secara khusus untuk membangun sistem informasi maritim yang handal,"
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia Maritime Institute (IMI) meminta pemerintah segera membanguan satelit untuk sistem informasi maritim, karena Indonesia memiliki ribuan pulau dengan 2/3 luas wilayahnya adalah laut.

"IMI menilai sistem informasi berbasis IT adalah sebuah keniscayaan yang harus segera di kembangkan, secara khusus untuk membangun sistem informasi maritim yang handal," kata Direktur Eksekutif IMI, Y Paonganan kepada wartawan, Sabtu.

Untuk mendukung upaya tersebut, katanya, sudah sepantasnya Indonesia memiliki satelit sendiri untuk mendukung pengembangan sistem informasi yang memadai untuk semua lini.

"Satelit ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, sehingga program ini harus segera terealisasi," tambah Paonganan.

Menurutnya, sistem informasi maritim ini akan sangat berguna dalam operasional TNI AL, trasnportasi laut, pengawasan sumberdaya laut dan lain sebagainya.

"Sistem ini bisa menjadi salah satu pilar dalam merealisasikan Indonesia sebagai Negara Maritim yang mandiri dan berdaulat," demikian Paonganan.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013