Banda Aceh (ANTARA News) - Kabupaten Aceh Besar menyiapkan sebanyak 2.500 ekor sapi dalam memenuhi permintaan daging saat "meugang" (hari pemotongan hewan) untuk masyarakat di kabupaten itu dan Banda Aceh.

"Jumlah persediaan sapi dan kerbau untuk memenuhi kebutuhan daing menjelang Ramadan 1423 Hijriah untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar mencapai 2.500 ekor," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Aceh Besar Ahmad Tarmizi di Jantho, Kamis.

Disebutkannya, persediaan sapi menjelang "meugang" untuk kebutuhan daging di Aceh Besar yakni sebanyak 1.295 ekor, kerbau 628 ekor, domba dan kambing sebanyak 959 ekor dan unggas mencapai 25.085 ekor.

Dijelaskannya, total persediaan sapi dan kerbau yang ada di Aceh Besar dalam rangka memenuhi permintaan "meugang" Ramadan 2013 mencapai 1.923 ekor.

"Jika ditambah dengan kebutuhan daging untuk kota Banda Aceh, maka jumlah kebutuhan hewan ternak pada hari "meugang" mencapai 2.500 ekor sapi," katanya.

Ia memperkirakan persediaan hewan ternak di kawasan Kabupaten Aceh Besar itu sangat cukup untuk memenuhi permintaan daging di pasaran pada hari "meugang".

Adapun perkiraan harga daging di pasaran pada hari "meugang" yakni dari Rp110.000/kilogram sampai Rp120 ribu/kilogram.

Dijelaskannya, seluruh hewan ternak yang disiapkan untuk memenuhi permintaan daging saat "meugang" tersebut merupakan ternak milik masyarakat di Kabupaten Aceh Besar.

Ia menambahkan pihaknya juga akan melakukan pengawasan secara ketat pada saat pemotongan hewan agar daging yang dijual di pasaran aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013