Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) terus mengoptimalkan industri pakaian dan alat olahraga lokal untuk bisa memperluas pasar.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan saat ini pasar pakaian dan alat olahraga masih didominasi merek atau jenama asing dan ritel besar.

“Selama ini kompetisi pasar pakaian dan alat olahraga di Indonesia cukup besar, tetapi masih didominasi oleh merek populer dari luar dan ritel besar, terutama di wilayah Jakarta dan kota besar lainnya,” kata Agus dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menurut Menperin, sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia beberapa tahun lalu, pola hidup masyarakat Indonesia mengalami pergeseran karena semakin meluasnya kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat.

Aktivitas olahraga menjadi salah satu kegiatan yang semakin banyak digemari dewasa ini, dan tentunya berimbas pada peningkatan penggunaan pakaian dan alat olahraga.

Berdasarkan data Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenperin, industri tekstil dan pakaian jadi memiliki kinerja yang baik. Dengan kontribusi 6,05 persen pada PDB Industri Pengolahan non-migas triwulan II 2023 dan nilai ekspor industri pakaian jadi periode Januari-September 2023 mencapai 6,2 miliar dolar AS, ditambah dengan kinerja ekspor industri alat olahraga yang mencapai 197 juta dolar AS pada periode yang sama, industri pakaian dan alat olahraga memiliki prospek yang baik dan berpotensi untuk terus berkembang ke depannya.

“Dengan potensi perkembangan yang ada tersebut, maka perlu juga didorong hadirnya Industri Kecil Menengah pakaian olahraga maupun alat olahraga jenama lokal. Mereka perlu dioptimalkan agar dapat meraup pasar domestik maupun internasional,” imbuhnya.

Menangkap peluang tersebut, Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian berinisiatif menyelenggarakan pameran Pakaian dan Alat Olahraga bernama Indonesia Sport and Active Wear (ISAW) Exhibition yang menghadirkan 40 merek pakaian dan alat olahraga lokal dengan kategori lifestyle sport, team player sport, dan extreme sport.

Pelaksanaan pameran bersifat bauran (hybrid), dengan lokasi luring bertempat di Plaza Industri Gedung Kementerian Perindustrian pada tanggal 2-4 November 2023, dan pameran daring di landing page lokapasar Tokopedia, yang juga menjadi salah satu mitra ISAW, dari 30 Oktober hingga 5 November 2023.

Diharapkan dengan perkembangan pemasaran digital belakangan ini, ditambah dengan perkembangan teknologi fesyen, IKM pakaian dan alat olahraga lokal jadi bisa ikut bersaing dan turut berkembang.

Pameran ISAW diawali dengan serangkaian acara kick-off pada awal Oktober lalu. Mulai dari seri bincang-bincang, lokakarya fashion show digital, kompetisi desain fesyen digital, dan temu bisnis di Bandung. Rangkaian kegiatan kick-off ini diadakan sebagai bentuk aktivasi kolektif dan membangun ekosistem pakaian dan alat olahraga lokal.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT SAB Indo Industries Andre Firmasnyah mengatakan pelaku IKM peralatan dan pakaian olahraga terus membangun sinergi dalam sebuah wadah komunitas untuk mendorong kinerja IKM sektor ini bisa bersaing di tengah derasnya produk pakaian olahraga asing di Indonesia.

Menurutnya Indonesia adalah pasar yang besar untuk pakaian dan peralatan olahraga. Untuk itu, pelaku usaha skala IKM di dalam negeri perlu berkolaborasi untuk meningkatkan kompetitif dan rivalitas dengan produk asing.

Problem-nya banyak masuk barang dari luar negeri, untuk itu kita harus bangun upaya kolaborasi," kata Andre yang juga inisiator wadah IKM pakaian dan peralatan olahraga ini.

Andre mengatakan ke depan, wadah ditargetkan akan menjadi asosiasi IKM pakaian dan peralatan olahraga. Dengan membangun ekosistem pelaku industri, bisa berbagi informasi, permudah pasokan bahan baku, serta akses pendanaan.

“Harapannya tahun 2024 wadah komunitas ini bisa kami deklarasikan menjadi asosiasi," kata Andre.

Baca juga: Kemenperin angkat potensi jenama lokal produk alat olahraga
Baca juga: Industri denim & busana muslim didorong manfaatkan kapas berkelanjutan
Baca juga: Industri pakaian olahraga China berkembang pesat, merek-merek lokal kian diminati konsumen

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023