Jiuquan, China (ANTARA) - Para astronaut Shenzhou-16 berada dalam kondisi yang sehat dan misi berawak Shenzhou-16 merupakan sebuah kesuksesan, demikian menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA), dilansir Xinhua pada Selasa.

Kapsul pembawa pulang (return capsule) pesawat antariksa Shenzhou-16, yang mengangkut astronaut Jing Haipeng, Zhu Yangzhu, dan Gui Haichao, mendarat di lokasi pendaratan Dongfeng di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, pada Selasa (31/10) pukul 08.11 pagi Waktu Beijing (pukul 07.11 WIB), ungkap badan tersebut.

Kapsul pembawa pulang itu terpisah dari pesawat antariksa Shenzhou-16 yang mengorbit pada pukul 07.21 pagi. Kemudian mesin rem dinyalakan, dan kapsul pembawa pulang terpisah dari kapsul pendorong, ujarnya.

Segera setelah kapsul pembawa pulang tersebut mendarat, tim pencarian darat langsung tiba di lokasi pendaratan. Para petugas medis mengonfirmasi bahwa para astronaut berada dalam keadaan sehat.

China meluncurkan pesawat antariksa berawak Shenzhou-16 pada 30 Mei 2023. Peluncuran itu merupakan misi berawak pertama untuk tahap pengaplikasian dan pengembangan stasiun luar angkasa China.

Para awak Shenzhou-16, yang bertugas di orbit selama 154 hari, telah melakukan sebanyak 70 eksperimen antariksa, melakukan aktivitas di luar wahana antariksa (spacewalk), memberikan pembelajaran dari stasiun luar angkasa, dan membantu kargo keluar dari stasiun luar angkasa beberapa kali. 

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023