Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana mengembangkan Pusat Pengembangan Teknologi dan Industri Mesin Perkakas dan Industri Alat Kesehatan (PPTI-MP dan ALKES) untuk mendorong perkembangan dan penguasaan teknologi mesin perkakas dan peralatan kesehatan nasional.

"Mesin perkakas merupakan induk dari seluruh mesin manufaktur, dan Pemerintah bertekad mengawal industri tersebut supaya dapat berkembang dan mampu memenuhi kebutuhan perkakas dalam negeri," kata Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT), Budi Darmadi, dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Kamis.

Hal tesebut disampaikan setelah penandatanganan kerja sama pembangunan Gedung Pusat Pengembangan Teknologi & Industri Mesin Perkakas dan Alat Kesehatan, antara Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Permesinan dan Alat Mesin Pertanian Ditjen IUBTT Kemenperin dengan PT Padiman Golden.

Budi mengatakan bahwa mesin perkakas dapat memicu pergerakan pertumbuhan ekonomi di sektor-sektor lain, seperti pertanian, pertambangan, kehutanan, dan transportasi.

"Jika kita bisa mengembangkan mesin perkakas ini, pengembangan produk turunannya akan lebih mudah," ujar Budi.

Budi menjelaskan bahwa pembangunan PPTI-MP dan ALKES juga akan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang andal di bidang permesinan sehingga produsen-produsen perkakas dalam negeri dapat memproduksi seluruh varian produk yang dibutuhkan industri.

Kerja sama tersebut, lanjut Budi, perlu dilakukan sebagai upaya pengembangan dan pertumbuhan serta penguatan industri barang modal dalam negeri untuk mengisi kebutuhan dalam negeri dan menunjukkan peran industri barang modal negeri tersebut dalam pembangunan ekonomi nasional.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013