Jadwal (proses pemilihan ketua dan wakil ketua) ditetapkan pada tanggal 18 Juni
Jakarta (ANTARA News) - Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Asep Rahmat Fajar mengungkapkan pihaknya akan menggelar proses pemilihan ketua dan wakil ketua pada Juni 2013.

"Jadwal (proses pemilihan ketua dan wakil ketua) ditetapkan pada tanggal 18 Juni," kata Asep, di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua KY dengan mekanisme voting atau pemungutan suara kali ini terbuka untuk umum dan disaksikan langsung oleh pegawai KY.

"Rapat langsung dilakukan secara terbuka KY, tanpa didahului rapat pleno," katanya.

Asep mengungkapkan bahwa tujuh komisioner KY memiliki peluang untuk menjadi ketua dan wakil ketua KY periode 2013--2017.

Pemilihan ketua dan wakil ketua KY ini dilakukan setelah Ketua KY Eman Suparman dan Wakil Ketua KY Imam Anshori masa kepemimpinannya periode pertama selama 2,5 tahun akan berakhir pada bulan Juli 2013.

Eman Suparman dan Imam Anshori masih bisa mengajukan diri kembali untuk maju sebagai ketua dan wakil ketua. Namun, Eman telah menyatakan tidak akan mengambil haknya untuk dipilih kembali.

Dengan tak bersedianya Eman Suparman untuk maju menjadi ketua KY, terdapat enam orang komisioner KY, yakni Abbas Said, Imam Anshori Saleh, Taufiqurrohman, Suparman Marzuki, Jaja Ahmad Jayus, dan Ibrahim berpeluang untuk memimpin lembaga pengawas hakim ini.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013