Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merayakan puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan acara semi festival di Monumen Nasional DKI Jakarta yang menghadirkan panggung seni budaya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyebut sengaja mengajak para jajarannya untuk bereksperimen dalam perayaan Sumpah Pemuda yang tidak biasa seperti sebelum-sebelumnya.

"Terima kasih kepada para jajaran Kemenpora yang tahun ini mau diajak bereksperimen dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. Mungkin ini baru pertama kali Hari Sumpah Pemuda kita laksanakan semi-semi festival," kata Menpora Dito di Jakarta, Sabtu.

Dito mengingatkan kepada para jajarannya agar membuat acara yang tidak terlalu banyak seremonial akan tetapi lebih banyak menyajikan pertunjukan musik dan budaya kepada masyarakat yang mengunjungi Monas.

"Silakan nikmati acaranya, semoga acaranya bisa membuat senyum dan bahagia," kata Dito.

Baca juga: TMII selenggarakan pameran seni rupa karya seniman muda

Puncak perayaan Hari Sumpah Pemuda di Monas dimulai dengan pertunjukan marching band, tari tradisional, pemberian penghargaan kepemudaan, dan deklarasi komitmen serta Sumpah Pemuda yang dipimpin oleh Menpora.

Acara pun dilanjutkan dengan pertunjukan musik dari penyanyi Wika Salim, Saykoji, dan D'Masiv.

Puncak perayaan Hari Sumpah Pemuda juga dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan dan juga sejumlah pemangku kepentingan serta pejabat muda seperti Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan Inovasi dan Pembangunan Daerah Terluar Billy Mambrasar, Kepala BKKBN, dan lainnya.

Puncak perayaan Hari Sumpah Pemuda ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sudah diselenggarakan oleh Kemenpora dengan menggelar berbagai kegiatan yang merangkul pemuda Indonesia.

Baca juga: Brigjen Suyudi: Sumpah Pemuda momen bangkitkan semangat kolaborasi
Baca juga: TWC gelar "Youth Cultural Competition" sambut Sumpah Pemuda 2023

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023