sebanyak 32 unit water mist generator dalam proses pemasangan
Jakarta (ANTARA) - Pemasangan kabut air (water mist) gedung-gedung tinggi di Jakarta terus bertambah per Oktober 2023 sudah menjadi 166 unit yang ditempatkan pada 134 gedung.

"Dengan semakin banyak yang memasang 'water mist generator' di gedung-gedung tinggi maka polusi udara di Ibu Kota bisa ditekan," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Ani menjelaskan penempatan water mist generator itu tidak hanya terdapat di gedung-gedung milik pemerintah saja, tetapi juga gedung-gedung miliki swasta.
 
Rincian penyebarannya sebagai berikut: di Jakarta Pusat ada 31 gedung dengan total 31 unit terpasang, lalu Jakarta Utara ada enam gedung dengan total tujuh unit terpasang, dan Jakarta Barat ada 41 gedung dengan total 71 unit terpasang.
 
Kemudian pemasangan di Jakarta Selatan saat ini sudah ada 50 gedung dengan total 50 unit terpasang, sedangkan Jakarta Timur ada enam gedung dengan total tujuh unit terpasang.

Ani menyebut saat ini sebanyak 32 unit water mist generator dalam proses pemasangan. Rencananya, puluhan alat tersebut akan dipasang di 24 gedung tinggi di Jakarta untuk memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota.
 
"Kemudian 32 unit water mist di 24 gedung sedang berproses dan segera dioperasikan untuk memperkuat upaya perbaikan kualitas udara," ujar Ani.
 
Selain itu, kegiatan penyiraman jalan-jalan protokol yang dilakukan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta juga terus dilakukan. Hingga 19 Oktober 2023, penyiraman sudah tersebar ke 414 lokasi di seluruh wilayah Jakarta.
 
"Jumlah kendaraan yang digunakan sebanyak 433 mobil dan personel damkar yang dikerahkan sebanyak 1.705 orang. Penyiraman jalan-jalan ini dilakukan paralel dengan pemasangan water mist yang dilakukan lebih luas," jelas Ani.
 
Pemprov DKI Jakarta juga melaksanakan uji emisi. Sampai 20 Oktober, tercatat sebanyak 1.152.942 kendaraan roda empat dan 123.090 kendaraan roda dua telah melakukan uji emisi.
 
Tempat uji emisi tersebut telah tersedia di 340 bengkel untuk kendaraan roda empat dengan jumlah teknisi sebanyak 946 teknisi dan 114 bengkel untuk kendaraan roda dua sebanyak 195 teknisi yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.
 
Tidak hanya itu, Pemprov DKI juga menyiapkan rencana pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) berupa taman baru pada tahun 2023 sebanyak 23 lokasi.
 
Adapun progres penanaman pohon dan tanaman yang telah dilakukan sejak Oktober 2022 hingga September 2023 telah ditanam sebanyak 236.552 pohon dan 5.856.210 tanaman di seluruh wilayah Jakarta.
 
Penanaman dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, jajaran wilayah Kota Administrasi, dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Dinas KPKP) DKI Jakarta.
Baca juga: GoTo dukung pemerintah DKI Jakarta tanam pohon untuk kurangi polusi
Baca juga: Heru siap selesaikan masalah kemacetan hingga polusi
Baca juga: Jakarta Utara mulai gerakan "ayo naik angkutan umum"

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023