Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan dalam lima tahun terakhir tingkat keselamatan dunia penerbangan Indonesia mengalami peningkatan yang terindikasi antara lain dari menurunnya angka kecelakaan pesawat.

"Data dari Ditjen Perhubungan Udara mencatat bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir tingkat keselamatan penerbangan Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat," kata E.E. Mangindaan dalam pembukaan Konferensi Keselamatan Penerbangan Indonesia 2013 di Jakarta, Rabu.

Mangindaan memaparkan jumlah kecelakaan dari perusahaan penerbangan yang disertifikasi sesuai dengan CASR 121 menunjukkan penurunan dari enam kecelakaan pada tahun 2007 menjadi tiga kecelakaan baik pada tahun 2008 maupun 2009, kemudian turun menjadi 2 kecelakaan pada tahun 2010 hingga 2012.

Menurut dia, hal tersebut merupakan indikator bahwa tingkat kecelakaan menurun mengingat dalam kurun waktu 2007-2012, frekuensi atau jam penerbangan mengelami peningkatan yang sangat drastis yang didorong oleh peningkatan jumlah penumpang hampir dua kali lipat pada periode waktu tersebut.

"Penerbangan nasional kita telah mampu dengan lebih cepat merespon secara kongkrit dengan berupaya mendapatkan tindakan korektif yang perlu dilakukan untuk mencegah kecelakaan baik yang berupa insiden serius maupun `accident` (kecelakaan)," katanya.

Namun, ia mengemukakan bahwa hal ini tidak boleh membuat dunia penerbangan cepat merasa puas dan terus berusaha lebih baik untuk meningkatkan keselamatan penerbangan antara lain dengan menggalakkan kegiatan promosi keselamatan.

Menhub mengemukakan konferensi tersebut merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat terhadap peningkatan pengetahuan dan kinerja serta ajang yang baik untuk belajar meningkatkan keselamatan penerbangan.

Beragam hal yang harus ditingkatkan terkait aspek keselamatan penerbangan, ujar dia, antara lain adalah dari sisi pelatihan sumber daya manusia, implementasi prosedur, dan kajian "human factor".

Ia mengutarakan harapannya agar kegiatan tersebut akan menunjang upaya dunia penerbangan nasional apalagi mengingat bahwa hingga paruh pertama tahun 2013 ini telah terdapat tiga kali kejadian kecelakaan.

"Hal ini sudah selayaknya menjadi perhatian kita untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap keselamatan penerbangan. Kita semua harus terus berupaya untuk menjaga bahwa dalam tahun ini tidak terjadi lagi kecelakaan penerbangan," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013