Detroit (ANTARA News) - Chrysler Group LLC menolak tekanan penguasa AS untuk me-recall 2,7 juta kendaraan jeep model tua, dengan alasan tuntutan itu didasarkan pada analisis yang tidak lengkap.

Dinas Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) telah meminta recall jeep-jeep tua itu Senin malam waktu AS setelah investigasi tangki bahan bakarnya. Chrysler telah bekerjasama dengan NHTSA menyangkut masalah itu selama hampir tiga tahun.

NHTSA ingin menarik Jeep Grand Cherokee keluaran 1993 sampai 2004 dan Jeep Liberty tahun 2002 sampai 2007.

Model-model ini disebut memiliki tangki bahan bakar di belakang gandar sehingga menjadi kurang terlindung jika ada tabrakan dari belakang, selain berpotensi bocor yang dapat memicu kebakaran.

Chrysler, perusahaan otomotif AS yang dimiliki Fiat, menandaskan tak akan menarik SUV-SUV-nya itu karena semuanya aman.

"Perusahaan ini menjaga ketat kualitas kendaraan-kendaraannya," kata Kepala Eksekutif Sergio Marchionne seperti dikutip Reuters.

Tidak biasanya tuntutan NHTSA ditolak perusahaan otomotif.  David Strickland dari NHTSA mendesak Chrysler untuk mempertimbangkan lagi keputusannya itu.

"Masyarakat pengendara mesti tahu bahwa NHTSA aktif menyelidiki soal ini dan meminta Chrysler memprakarsai penarikan demi keamanan ini dan mengumumkan kepada semua pemilik jeep yang di-recall," kata Strickland.

"Data-data kami menunjukkan kendaraan-kendaraan ini mungkin mengandung cacat yang menghadirkan risiko keamanan tak terhindarkan dan inilah alasan kami mengambil langkah lebih jauh dengan menyurati Chrysler," sambung Strickland seperti dikutip Reuters.

Chrysler berkilah bahwa kebocoran tangki dan kebakaran hanya terjadi pada tiap jutaan operasi kendaraan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Chrysler telah melakukan 52 penarikan yang 49 diantaranya berdasarkan investigasi sendiri Chrysler.

Adalah tak biasa menolak permintaan recall NHTSA, kendati memang pernah terjadi. 

Terakhir kali Chrysler menolak recall terjadi pada 1997. Toyota Motor Corp juga pernah menolak recall Prius hibrida pada 2010 karena masalah rem, sementara tahun lalu Ford Motor Co me-recall minivan Freestar dan Monterey karena masalah transmisi, demikian Reuters.
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013