paling laris baik secara nasional maupun khusus di Bali
Jakarta (ANTARA) - Produk kategori rumah tangga, termasuk fesyen, otomotif, olahraga dan hobi, serta kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan minuman serta perawatan tubuh terlaris di Tokopedia pada Semester I 2023.

“Terbukti dari data internal kami, produk kategori itu paling laris baik secara nasional maupun khusus di Bali selama semester I 2023,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak di Bali, Jumat.

Bahkan, katanya, khusus di Bali, beberapa produk pembersih (scrub) wajah, kaki dan garam untuk mandi (bath salt) menjadi beberapa produk perawatan tubuh paling laris di Tokopedia.

Nuraini menyebutkan sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, rata-rata peningkatan transaksinya  lebih dari 1,5 kali lipat.

Kemudian, secara keseluruhan (data nasional), katanya, pada kategori produk perawatan tubuh ini seperti losion badan,  kondisioner rambut dan masker rambut menjadi beberapa produk terlaris pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari lima kali lipat.

Baca juga: Tokopedia dukung UMKM aksesoris lokal "handmade" di Bali perluas pasar

Adapun wilayah seperti Gianyar, Badung dan Denpasar mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual lewat kumpulan toko pilihan (KTP) selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari enam kali lipat.
​​​​​​
Dia menilai hadirnya gudang pintar perseroan di berbagai wilayah seperti Surabaya telah membantu penjual di Indonesia bagian tengah maupun timur termasuk Bali yang dapat menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia.

Terlebih, adanya program dukungan pedagang lokal yakni Hyperlocal Tokopedia juga memudahkan masyarakat Indonesia dalam mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien.

Petani lokal
Sementara, pemilik UMKM berbagai produk perawatan tubuh "Gracious Project" yakni Gracia Chandra mengaku telah mendirikan usahanya pada 2020.

"Saya punya latar belakang sebagai formulator yang bisa membuat bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia.

Baca juga: Tokopedia bantu UMKM olahan tempe berdayakan petani kedelai lokal

Gracia menuturkan dia memulai bisnisnya sejak pandemi yakni saat banyak orang mencari produk perawatan tubuh bagi keluarga hingga akhirnya berkembang pesat.

"Sampai saat ini kami bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang," tambahnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga menggandeng perajin Bali dan Yogyakarta dalam memproduksi alat pelengkap seperti alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit yakni alat mandi loofah serta kapas yang dapat dipakai ulang.

Sejak bergabung di Tokopedia, dia mengaku produknya bisa dijangkau oleh masyarakat termasuk komunitas pencinta produk perawatan kulit di seluruh Indonesia.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023